Surat Don Bosco

Don Bosco dikenal sebagai Bapak, Guru dan Sahabat kaum muda. Simaklah surat seorang Bapak, Guru dan Sahabat kepada dua Salesian muda. Sangat inspiratif: meneguhkan..menguatkan panggilan:

Surat Don Bosco kepada seorang Salesian muda
 yang ragu dalam paggilannya

Guidazio Yang terkasih,

Anda akan selalu menjadi gelisah dan mengatakan tidak bahagia hingga tidak mempraktekkan ketaatan yang sudah diikrarkan dan Anda meninggalkan sepenuhnya arahan dari para superiormu..Hingga saat ini iblis menyiksamu dan mendorongmu untuk melakukan yang sebaliknya dari apa yang anda ikrarkan. Dari surat Anda dan dialog di antara kita tidak muncul alasan apapun untuk dispensasi dari kaul-kaulmu. Seandainya memang ada, sekarang haruslah menulis ke Tahta Suci untuk meminta dispensasi. Namun, Coram Domino, (di hadapan Allah) saya menyarankan anda untuk abneget semetipsum(menyangkal diri) dan ingat bahwa vir  obediens loquetur victoriam (barang siapa taat akan memperoleh kemenangan).

Saya percaya pada pengalaman saya sendiri. Iblis ingin menghancurkanmu dan saya, kalau dia berhasil menghancurkanmu, menghancurkan saya maka tentu kita gagal sepenuhnya. Percayalah kepadaku sebagaimana saya juga percaya padamu, bukan dengan kata-kata tapi dengan perbuatan, dengan kehendak yang baik, ketaatan yang penuh kerendahan hati, siap sedia, tanpa batas. Ini adalah hal-hal yang membahagiakanmu secara rohani suatu penghibutran yang luar biasa bagiku.

Tuhan memberkatimu dan diberi ketekunan yang baik. Doakanlah aku dan dengan kasih sayang sebagai seorang bapa.

 Turin, 1870/09/13

dalam kasih Kristus Yesus

P. Yohanes Bosco

 ============================================

Surat Don Bosco kepada Seorang frater
yang berhasil mengatasi keraguan panggilannya

Tamietti yang terkasih,

Surat yang anda tulis kepada saya seolah-olah melepaskan sebuah duri yang menusuk hatiku, yang seolah menghalangi  sesuatu yang baik dalam dirimu yang belum saya lakukan. Baiklah!

 
Ingatlha bahwa anda berada di tangan Don Bosco, dan lebih dari itu saya hendak menjadikanmu bagi  kemuliaan Allah yang lebih besar dan kebaikan jiwamu. Anda akan datang ke sini untuk melakukan suatu pekerjaan. Yang saya maksudkan ialah:

1. Saya ingin Anda untuk menyelesaikan studimu dalam bidang kesusasteraan

2. Anda boleh tinggal di rumahmu kalau itu demi kesehatan. Lebih cepat ke sini, lebih cepat anda akan bersama dengan seorang yang mengasihimu.

3. Bagi saudarimu: dia boleh pergi ke sebuah biara atau memilkirkan untuk hidup berkeluarga.

Tuhan memberkatimu, sampaikan salam kepada keluargamu dan juga pastor parokimu, berdoa juga untuk saya yang selalu bersamamu dalam Yesus Kristus.

Turin, 25 April 1872

P. Yohanes Bosco

Leave a Reply

Leave a Reply