Teman, Kawan dan Sahabat

 

Memahami makna teman, kawan dan sahabat
P. John SDBBanyak orang menggunakan kata teman, kawan dan sahabat tetapi apakah memahami maknanya? Di saat ada demo seperti ini manakah yang patut dipertimbangkan? Pertemanan? Perkawanan atau persahabatan?
 
Teman. Manusia pada dasarnya adalah makluk sosial. Oleh karena itu teman adalah semua orang yg bersikap social dan baik kepada kita. Siapa saja boleh masuk kategori teman. Teman juga termasuk orang yang selalu ada disaat kita sedih maupun bahagia. Namun mereka ini hanya dapat mendengar tanpa suatu tindakan yang serius. Mungkin juga orang itu  hanya sekedar peduli terhadap kita. Diahanya bersimpati tetapi belum masuk kategori empati dengan kehidupan kita.
 
Kawan. Makna kata kawan itu mirip dengan teman. Namun rasa pedulinya cukup sehingga dapat dikatakan hanya sebagai teman maupun sebagai sahabat. Jadi kawan ini sebagai posisi penyeimbang antara teman dan sahabat. Kawan itu hanya sebatas kenal dan paham akan diri kita. Dia dapat membantu kita tetapi porsinya sangat terbatas. Ikatan batinnya sangat terbatas. Kawan itu bisa saja jauh dari kita. Dia dapat bersimpati tetapi tidak akan memiliki rasa empati.
 
Sahabat. Sahabat adalah seorang pribadi yang istimewa. Kadang-kadang dia lebih mengenal diri kita dari pada kita sendiri. Ada yang berani mengatakan bahwa sahabat adalah bagian lain dari jiwa kita yang ada pada tubuh orang lain. Sahabat adalah orang yang selalu ada disaat kita senang maupun sedih dan perannya bisa melebihi saudara kandung sendiri maupun keluarga. Apa yang kita alami pasti dia turut merasakannya. Ketika kita sedang merasa sedih maka secara spontan pasti dia merasa khawatir dan punya rasa peduli yang tinggi. Sebaliknya kalau kita sedang bahagia maka dia juga akan merasa bahagia. Dia pasti selalu ada waktu untuk berkumpul apabila sudah tidak lama bertemu dan merupakan tempat curhat tanpa harus ada yang dirahasiakan karena dia juga mengerti dan paham akan maksud kita. Sahabat yang baik merasakan empati dengan diri kita.
Jadikanlah dirimu sebagai sahabat sesama karena sahabat bukan hanya sekedar teman ataupun kawan. Dia lebih dari teman dan kawan.
PJSDB
Leave a Reply

Leave a Reply