Salam Maria

Terpujilah engkau di antara Wanita
Permenungan kita bersama Bunda Maria hari ini adalah Bunda Maria terberkati atau terpuji di antara semua wanita. 

Berkat dan pujian yang diberikan Tuhan melalui Malaikat Gabriel merupakan anugerah cuma-cuma dariNya. Setiap berkat adalah anugerah cuma-cuma dari Tuhan yang mencakup baik tubuh maupun jiwa dari pribadi seseorang. Berkat  mencakup totalitas kehidupan manusia.
Dalam budaya patriarkal, seorang bapa memberikan berkatnya yang mengikat semua anak, cucu dan keturunannya. Sekali memberi berkat, berkat itu tidak akan lenyap begitu saja atau berkat itu kembali kepada si pemberi berkat. Berkat justru tinggal selamanya pada orang yang menerima berkat. Malaikat menyampaikan Bunda Maria bahwa Tuhan memberkatinya. Sebuah berkat langsung  yang sifatnya ilahi dan kekal bagi Bunda Maria. Dengan berkat ini, Bunda Maria memiliki arah hidup yang jelas yakni menjadi kudus sebab Tuhan sendiri kudus adanya.
Bunda Maria diberkati dan dipuji bukan hanya karena menerima Sabda Hidup yaitu Yesus tetapi segala anugerah, kuasa, sukacita yang membuat dia memang berbeda dengan wanita lain. Itu sebabnya dikatakan terpujilah engkau di antara wanita. Maria dipuji dan diberkati karena dia berbeda dengan wanita lain. Dialah yang menerima Yesus dalam rahimnya, tersembunyi dari mata manusia tetapi hidup nyata di tengah-tengah kita sebagai Imanuel. Maria dikandung tanpa noda sehingga layak menerima pujian dan berkat khusus dari Tuhan. 

Dengan kerendahan hati dan kemurnian hidup kita merasakan kehadiran Yesus dalam Ekaristi di mana Ia hadir dalam rupa roti dan anggur.  Kita telah menerima Yesus Puteranya, dengan demikian Ia hidup di dalam kita dan Ia juga hidup bersama kita. Ia juga memberkati kita semua. 
Refleksi: Apa makna berkat Tuhan untukmu?
PJSDB
Leave a Reply

Leave a Reply