Food For Thought: Inilah nama-nama…

We-eleh Syemot (ואלה שמות)

Jehovah JirehSyemot adalah sebuah kata penting di dalam Kitab Perjanjian Lama. Kitab Keluaran dalam bahasa Ibrani disebut Syemot. Kata ini berasal dari kalimat pertama dalam kita Keluaran, bunyinya: ואלה שמות בני ישראל הבאים מצרימה את יעקב איש וביתו באו׃ (we·’e·leh sye·mot be·ni yis·ra·’el ha·ba·’im mitz·ra·yi·mah et ya·qob i’sy u·bei·tou ba·’u), artinya “Inilah nama para anak Israel (=bani Israel) yang datang ke Mesir bersama-sama dengan Yakub; mereka datang dengan keluarganya masing-masing.” (Kel 1:1).

Tuhan Yesus memilih dua belas orang murid dan menjadikan mereka sebagai rasul sesuai kehendak-Nya. Inilah nama-nama kedua belas rasul: “Simon Petrus, Andreas, Yakobus, Yohanes, Filipus, Bartolomeus, Tomas, Matius, Yakobus anak Alfeus, Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot.” (Luk 6:14-16). Kedua belas orang terpilih mewakili 12 suku Israel, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Petrus menyangkal Yesus tiga kali. Yakobus dan Yohanes memiliki ambisi yang kuat Tomas kurang percaya. Simon orang Zelot adalah pengikut gerakan bawah tanah yang berharap bahwa Yesus akan menjadi raja sehingga dapat mengusir orang-orang Romawi. Yudas Iskariot, satu-satunya orang Yudea, terpilih menjadi bendahara dan mengkhianati Yesus. Yesus mengetahui segalanya, ia melakukan yang terbaik bagi para rasul-Nya.

Yesus mengetahui semua kelemahan dan kelebihan mereka, namun Ia tetap memilih sesuai dengan kehendakNya. Mereka tidak sempurna hendak disempurnakanNya. Ia memberi mereka kuasa untuk melanjutkan karya keselamatan yang sudah dimulaiNya. Misalnya, mengusir roh-roh jahat, melenyapkan segala penyakit dan kelemahan- kelamahan kita. Ia berkata: “Janganlah kalian menyimpang ke jalan bangsa-bangsa lain, atau masuk ke dalam kota Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” Mereka miskin, menderita, pendosa, sakit dan dipandang hina dalam masyarakat. Namamu ada dalam daftar, jangan takut!

PJSDB

Leave a Reply

Leave a Reply