Food For Thought: Jangan menyulitkan sesamamu

Jangan menyulitkan sesamamu!

imageAda seorang umat baru di sebuah lingkungan yang merasa kesulitan untuk menghubungi pengurus lingkungannya. Ia sudah mengetahui alamat ketua lingkungan, membuat appointment untuk bertemu sebentar, namun setiap kali ia hendak bertemu, ketua lingkungan selalu memiliki alasan untuk tidak bertemu. Ia sampai bertanya-tanya dalam hatinya, sekiranya ia melakukan kesalahan tertentu. Padahal ia hanya bermaksud melapor diri sebagai warga baru dalam lingkungan, menanyakan apa saja kegiatan lingkungan dan apa yang bisa ia bantu sebagai warga lingkungan. Ia merasa sedang berhadapan dengan sebuah halangan untuk melayani Tuhan dan sesama.

Pengalaman umat baru di sebuah lingkungan ini hanyalah salah satu contoh dari pengalaman banyak saudari dan saudara kita. Mungkin saja ketua lingkungan memang sibuk dengan keluarga dan pekerjaannya. Namun kalau ia sudah berkomitmen untuk melayani Tuhan dan sesama maka komitmen itu haruslah menjadi nyata.

Gereja perdana memiliki banyak pengalaman yang bisa membangun semangat iman kita. Ketika orang Antiokia barusan menerima Yesus, muncullah kesulitan di pihak orang Kristen yang bukan berasal dari jemaat Yahudi. Orang-orang Kristen yang berasal dari kalangan Yahudi mengatakan bahwa supaya ada keselamatan dalam nama Yesus maka mereka harus disunat. Hal ini berbeda dengan perkataan Petrus bahwa keselamatan hanya dalam nama Yesus. Paulus dan Barnabas mendapat mandat untuk memfasilitasi masalah ini. Mereka pergi ke Yerusalem untuk menanyakan aturan yang terbaik: apakah harus disunat untuk selamat atau tidak perlu disunat. Ini menjadi saat istimewa dalam sejarah Gereja karena diadakan untuk pertama kali Konsili di Yerusalem.

Dalam Konsili ini, Petrus mengatakan bahwa kasih karunia yang melingkupi semua orang itu berasal dari Roh Kudus yang satu dan sama. Yakobus mengatakan: “Kita tidak boleh menimbulkan kesulitan bagi bangsa-bangsa lain yang berbalik kepada Allah”. (Kis 15:19). Tuhan yang memiliki rencana untuk menyelamatkan manusia. Maka janganlah anda menyulitkan orang lain ketika mereka mau bersatu dengan Tuhan.

PJSDB

Leave a Reply

Leave a Reply