Food For Thought: Pengalaman adalah guru kehidupan

Pengalaman adalah guru kehidupan

Kita semua sedang berjalan menuju akhir tahun 2016. Banyak di antara kita sedang memiliki kesibukan tertentu untuk mengevaluasi semua program dan kegiatan sepanjang tahun ini, sambil melihat ke depan, dengan harapan-harapan dan mimpi-mimpi baru yang akan dicapai. Dalam evaluasi itu kita pasti menemukan banyak keberhasilan dan kegagalan, banyak kegiatan yang tertunda, banyak kegiatan yang sempat dilakukan tetapi tersendat-sendat. Mari kita hening sejenak untuk mencari akar masalahnya dan berusaha untuk mencari solusi yang tepat. Kita juga mencapai keberhasilan tertentu dalam kegiatan-kegiatan dan ini membantu kita untuk bersyukur kepada Tuhan atas pencapaian itu.

Mengevaluasi keberhasilan dan kegagalan dalam berbagai program itu penting dan harus. Masalah yang selalu muncul di kalangan tertentu adalah: ketidakmampuan untuk membuat program sehingga yang ada hanya program dadakan saja. Ada yang pandai membuat program namun programnya terlalu bagus sehingga sulit diimplementasikan. Ada yang realistis dengan program dan mampu melakukan dengan baik dan berhasil. Nah, di manakah posisi kita?

Paulo Coelho pernah berkata: “Penghargaan atas karya kita bukanlah apa yang kita peroleh, melainkan pengalaman yang kita dapatkan”. Mungkin saja perkataan Coelho ini jauh dari kehidupan kita. Banyak orang mencari penghargaan karena memperhitungkan segala keberhasilan dalam bekerja, dalam menjalani usahanya. Banyaknya piala dan piagam penghargaan yang sudah kita peroleh dan memenuhi kantor. Hal yang terpenting adalah pengalaman. Pengalaman adalah guru kehidupan kita. Pengalamanlah yang membawa kita kepada masa depan yang lebih baik.

Mari kita menata pengalaman-pengalaman yang merupakan guru kehidupan kita di akhir tahun ini. Pengalaman-pengalaman ini adalah kendaraan yang mengantar kita kepada kehidupan yang nyata dalam pelayanan-pelayanan kita. Jangan lalai dalam melakukan tugasmu, dari sanalah pengalamanmu itu akan mengalirkan harapan akan masa depan yang lebih baik lagi.

Selamat merenung di akhir tahun ini

PJSDB

Leave a Reply

Leave a Reply