Refleksi Akhir tahun 2012

Hidup Bagaikan Berada di Kafetaria

Tahun 2012 sebentar lagi akan berakhir. Banyak peristiwa kehidupan yang dialami setiap pribadi. Ada yang menyenangkan ada juga yang mengecewakan. Pengalaman-pengalaman yang menyenangkan misalnya seorang berhasil dalam hidupnya: menikah dan mendapat anak, berhasil dalam studi, perusahaan mendapat keuntungan yang signifikan, kesehatannya baik dan lain sebagainya. Ada juga yang mungkin merasakan kegagalan dalam hidup: ada kematian orang yang dikasihi, gagal dalam cinta dan rumah tangga, gagal dalam usaha. Tentu saja ada keberhasilan dan kegagalan. Terlepas dari kegagalan dan keberhasilan, hal lain yang tidak kala pentingnya dalam membantu kita berefleksi adalah banyaknya peluang yang datang dan pergi dalam hidup. Ada peluang yang datang tetapi tidak ditanggapi dan yang ada hanya penyesalan yang tidak berguna. Ada peluang yang ditangkap tetapi tidak maksimal dijalankan. Ada peluang yang ditangkap dan diberdayakan sehingga berhasil. 

Setiap orang dapat berefleksi tentang semua pengalaman indah di tahun 2012 ini. Dalam berefleksi anda akan menemukan bahwa figur tertentu yang mempengaruhi hidupmu adalah orang-orang biasa yang dengan cara mereka sendiri membantumu untuk bertumbuh. Seorang teman yang nakal sekali telah membantumu untuk berefleksi bahwa kenakalan itu tidak baik. Syukurilah bahwa ia telah membantumu membedakan mana yang baik dan mana yang jahat. Seorang sahabat yang suka menolongmu adalah pribadi yang membuatmu menyadari bahwa hidup ini tidak dapat dilewati seorang diri. Kita butuh seorang sahabat yang baik yang selalu hadir dalam untung dan malangnya kehidupan kita. Dia telah berjasa membuatmu menjadi manusia!

Di samping sesama, Tuhan yang tidak kelihatan pun memiliki andil yang melebihi sahabat, teman dan kawanmu. Pikirkanlah perbuatan-perbuatan baik, karya-karya yang besar yang telah Tuhan lakukan di dalam hidupmu. Temukanlah mukjizat-mukjizat yang anda alami. Anda akan terpesona di hadiratNya dan tidak mengerti misteri kasihNya dalam dirimu. bahwa ada pengalaman penderitaan dan kemalangan yang dialami adalah warna-warna yang memperindah kehidupan. Hidup menjadi indah ketika ada keberhasilan atau keberuntungan, ada kegagalan, penderitaan dan kemalangan. Manusia yang hebat adalah ia yang dapat berhasil dan dapat mengakui kegagalannya.

Apakah anda pernah menyadari bahwa hidup ini ibarat kita berada di kafetaria? Bagi mereka yang pernah mengunjungi kafetaria pasti merasakan pengalaman ini. Anda harus memiliki uang itu adalah syarat utama. Di samping itu anda tidak bisa duduk tenang tetapi melayani diri sendiri. Ya, ketika berada di kafetaria kita dapat mengambil apa saja yang kita ingin makan dan minum asal memiliki uang untuk membayarnya. Tidak ada seorang pelayan yang akan melayani anda. Andalah yang harus berdiri dan mengambil makanan dan minuman kesuakaanmu sendiri. Apabila anda malu maka anda akan kelaparan.

Demikian semua peluang yang datang dan pergi di dalam kehidupan. Anda memiliki kemerdekaan untuk meraihnya. Anda adalah tokoh atau aktor utama keberhasilan dalam menangkap peluang hidup. Jika anda ingin berhasil atau mendapat lebih banyak, belajar dan bekerjalah lebih banyak. Dengan demikian anda akan mendapatkan lebih yang anda harapkan.

Perhatikanlah tokoh-tokoh dunia selama tahun 2012 ini. Dalam hal penelusuran dengan dunia maya, nama-nama orang dan barang serta film ini tetap diingat: Whitney Houston, Gagnam Style, Hurricane Sandy, Ipad 3 dan lain sebagainya. Dalam hal gambar, selama tahun 2012 muncul One Direction, Selena Gomez, Iphone 5, Megan Fox, Rihanna. Para Atlet 2012 kita ingat Jermy Lin, Michael Phelps, Peyton Manning bahkan Mario Balotelli pun memiliki nama yang digemari. Film unggulan 2012 kita ingat The Hunger Games, The Avengers, Dark Shadow, Hobbit dan Jack Reacher dari Tom Cruise. Beberapa nama yang saya sebutkan tadi mengalami “hidup di kafetaria”. Mereka berusaha untuk bekerja lebih banyak dan berhasil serta tenar di dunia. Tentu ada yang tenar karena kebaikan tetapi ada yang tenar karena ketidaksempurnaan sebagai manusia.

Mari berefleksi dan susunlah power baru untuk tahun 2013. Isilah dengan perbuatan-perbuatan baik yang akan membuat anda diingat sebagai pribadi terbaik. jangan berhenti berbuat baik, jangan berhenti bersahabat. Maju terus, jangan takut! Selamat tinggal tahun 2012, selamat datang tahun 2013.

PJSDB
Leave a Reply

Leave a Reply