Food For Thought: Roh Kudus bekerja

Roh Kudus Allah bekerja keras!

PJSDBAda seorang pemuda, sedang merasa kesulitan karena masih dikuasai oleh dosa “keinginan untuk berbuat cabul”. Ia berusaha untuk meredam nafsunya ini tetapi selalu merasa sulit. Ia berdoa supaya bisa mengatasinya namun selalu gagal. Saya mendengar sharing pengalamannya ini dengan perhatian. Saya mengatakan kepadanya bahwa kebiasaan buruk itu seperti nafsu seksualnya itu seperti sebatang pohon. Semakin lama pohon itu bertumbuh, akarnya semakin masuk ke dalam tanah dan tentu semakin sulit untuk dicabut. Pohon itu bisa dicabut kalau melibatkan banyak orang. Saya mengatakan bahwa usaha untuk keluar dari “nafsu birahi”nya itu bisa tercapai kalau ia melibatkan Tuhan dan sesama yang siap menolongnya keluar dari kebiasaannya ini.

Saya teringat pada St. Paulus yang mengatakan bahwa hidup kita memiliki dua kutub yaitu kutub kedagingan dan kutub Roh. Kutub kedagingan adalah kutub perseteruan dengan Allah karena kuasa iblis (Rm. 8:7). Semua ini ada karena akibat dosa asal, yakni selalu terjadi pertempuran yang baik dan jahat. Hal yang baik adalah pekerjaan Roh Kudus sedangkan yang jahat adalah pekerjaan iblis yang membawa kepada kenikmatan daging. Apakah manusia harus bertahan dalam genggaman iblis? Apakah manusia harus menjauh dari Tuhan?

St. Paulus menghibur kita dengan berkata: “Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran. Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.” (Rm. 8:10-11)

Hiduplah dalam kasih Kristus.

PJSDB

Leave a Reply

Leave a Reply