Food For Thought: Romo juga mendoakan umatnya

Apakah Romo juga mendoakan semua umatnya?

imagePada sore hari ini, seorang umat mengirim pesan singkat berupa sebuah pertanyaan: “Apakah Romo juga mendoakan semua umatnya?” Saya menanyakan apa maksud pertanyaannya ini. Ia ingin bertanya kepadaku apakah romo-romo juga memang mendoakan umatnya? Saya mengatakan kepadanya bahwa para romo selalu mendoakan umatnya.

Kapan seorang romo mendoakan umatnya?

Pertama, para romo selalu mendoakan ibadat suci (Divine Office). Doa lima waktu (ibadat bacaan, ibadat pagi, ibadat siang, ibadat sore dan ibadat malam). Para romo tidak berdoa sendiri tetapi in persona Christi, sebagaimana Kristus yang hadir di dalam dirinya, romo berdoa bersama Kristus bagi Gereja. Doa pribadi dan doa bersama atas nama Kristus bagi Gereja.

Kedua, para romo merayakan Ekaristi bukan atas namanya sendiri, tetapi sebagai alter Christus berdoa bagi seluruh Gereja dan semua orang beriman. Dalam doa syukur agung, romo berdoa bagi Gereja sebagai umat Allah, pimpinan gereja sekaligus gembala-gembala gereja, berdoa bagi orang-orang yang yang sudah meninggal dunia. Romo juga berdoa untuk kaum beriman dan semua orang yang sudah berpulang dalam kerahiman Allah. Ini berarti Romo mendoakan semua orang, seiman dan tidak seiman.

Pada hari ini saya tertarik dengan komitmen Paulus terhadap jemaat di Filipi. Paulus mengaku mendoakan jemaat dengan sukacita. Ia mengucap syukur kepada Tuhan Allah karena jemaat tetap bersekutu. Allah adalah saksi bagi Paulus dan bahwa ia merindukan jemaat. Paulus berdoa: “Semoga kasihmu makin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian, sehingga kamu dapat memilih apa yang baik, supaya kamu suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus, penuh dengan buah kebenaran yang dikerjakan oleh Yesus Kristus untuk memuliakan dan memuji Allah.” (Flp 1:9-11).

Dalam masa adven, mari kita memupuk semangat untuk berdoa dengan tekun. Doa seorang romo bisa mengubah hidupnya sendiri dan mengubah hidup umat. Kasih dan kebaikan seorang romo akan mengubah kehidupan umatnya. Tentu saja umat juga harus mendoakan para romonya.

PJSDB

Leave a Reply

Leave a Reply