Food For Thought: Gembala yang baik!

Dia seorang gembala!

Pope FrancisPada pesta Takhta Santo Petrus, pikiran kita tertuju pada Tuhan Yesus sebagai kepala Gereja universal. Ia datang ke dunia untuk menghadirkan Kerajaan Allah. Ia memanggil para rasul untuk mewartakan injil dan menjadi martir-Nya. Dia adalah Gembala baik, mengenal domba-domba, bahkan menyerahkan diri-Nya bagi banyak orang. Pikiran tertuju pada Petrus dan para penggantinya. Tuhan Yesus mengubah Simon menjadi Petrus bagi Gereja-Nya. Petrus dengan segala kelebihan dan kekurangan mengasihi Yesus sampai tuntas. Ia setia melakukan pekerjaan Yesus.

Pada hari ini saya mengajak kita untuk melihat sosok pengganti Petrus saat ini yakni Paus Fransiskus. Ia barusan melakukan perjalanan misionernya ke Meksiko dan membawa kenangan-kenangan berharga sebagai gembala yang baik. Ia merasa bahwa perjalanannya adalah sebuah pengalaman transfigurasi. Ia juga merasa yakin bahwa Tuhan Yesus menunjukkan terang kemuliaan-Nya dalam Gereja sebagai Tubuh Mistik-Nya, khusus bagi masyarakat Meksiko yang pernah merasa terluka, tertekan, terhina, dan martabatnya diinjak-injak.

Pengalaman iman yang dirasakannya di Meksiko adalah mengunjungi Buda Maria Guadalupe. Bunda Maria menderita bersama masyarakat Meksiko yang mengalami kekerasan, penculikan dan pembunuhan. Guadalupe menjadi pusat kerohanian bagi banyak orang di Meksiko. Keluarga-keluarga di Meksiko juga menerimanya sebagai pembawa kabar sukacita dari Tuhan dengan bahagia dan sebagai gembala seluruh Gereja. Mereka memberi kekuatan kepada Paus terutama kehidupan iman mereka. Kelompok kategorial lain seperti kaum muda, kaum hidup bakti, para imam, para pekerja dan para narapidana juga antusias merasakan kehadiran beliau.

Paus Fransiskus mengakui bahwa ia hadir di Meksiko untuk memperkuat iman mereka dan pada saat yang sama imannya juga dikuatkan oleh mereka. Pengalaman rohani yang menguatkan ini dikumpulkannya sebagai harta bagi seluruh gereja katolik. Pada hari ini kita berdoa bagi Paus Fransiskus untuk setia dan bijaksana membimbing gereja Katolik. Bunda Maria hitam dari Guadalupe menjadi perantara doa-doa kita kepada Yesus putranya.

PJSDB

Leave a Reply

Leave a Reply