Food For Thought: Yesus mendoakanmu

Yesus juga mendoakanmu!

Pada sore hari ini seorang sahabat mengirim pesan kepada saya: “Romo John, doakan saya yah. Hari ini saya berulang tahun.” Saya mengucapkan selamat ulang tahun dan berjanji untuk mendoakannya. Setelah saya mendoakan sahabat ini kepada Bapa di Surga melalui Tuhan Yesus Putera-Nya, saya lalu mengingat kembali doa Tuhan Yesus sebagai imam Agung kepada Bapa di Surga: “Aku berdoa bukan hanya bagi mereka ini saja, tetapi juga bagi mereka yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka.” (Yoh 17:20).

Apa yang masuk dalam pikiran dan permenungan saya selanjutnya? Tuhan Yesus tidak hanya mendoakan para murid-Nya saat itu, Ia juga mendoakann kita semua yang mendengar pewartaan dan mengakui iman para rasul saat ini. Saya juga boleh bersyukur karena Tuhan memanggil dan memilih saya sebagai gembala di dalam gereja-Nya untuk mendoakan sesama yang mendengar pewartaan tentang khabar sukacita dan kemuliaan Tuhan.

Tuhan Yesus berdua supaya semua menjadi satu, “Ut unum sint” (Yoh 17:21). Doa Yesus sebagai imam Agung ini juga menginspirasikan St. Yohanes Paulus II, ketika masih melayani Gereja sebagai Paus, pada tanggal 25 Mei 1995 menulis Ensiklik “Ut unum sint”. Sri Paus memanggil gereja untuk mewujudkan persekutuan sebagai Gereja sebagaimana didoakan oleh Tuhan Yesus sendiri. Doa Yesus ini juga menginspirasikan Mgr. Gerulfus Kherubim, Pareira, SVD ketika dipilih untuk menjadi Uskup di Keuskupan Weetebula, Sumba Barat Daya pada tanggal 21 Desember 1985 dan ditahbiskan pada tanggal 25 April 1986 dengan semboyan: “Ut Omnes Unum Sint”.

Tuhan Yesus mendoakan kita semua untuk bersatu, tetapi mengapa masih banyak orang yang tidak menyukai persatuan? Masalahnya mungkin pada komunikasi!

PJSDB

Leave a Reply

Leave a Reply