Food For Thought: dua macam manusia

Dua macam manusia saat ini

PJSDBAda seorang pemuda yang merasa heran dengan dirinya karena ia selalu gagal dalam melakukan pekerjaan-pekerjaannya. Ia sudah mencoba bekerja di perusahaan-perusahaan tertentu dalam bidang yang berbeda-beda namun selalu gagal. Ketika ditanya alasan mengapa ia selalu gagal dalam pekerjaan-pekerjaannya, ia memberi alasan yang masuk di akalnya sendiri. Misalnya pekerjaan itu tidak sesuai dengan minatnya. Namun ia merasa tertekan ketika mendengar teman-teman sebayanya sukses dalam menekuni pekerjaannya.

Kita selalu menjumpai sesama saudara yang hidupnya seperti ini. Usianya boleh bertambah tetapi belum memiliki pekerjaan yang memadai. Hidupnya pun tidak berubah menjadi lebih baik.

Saya teringat pada salah seorang pebisnis, penulis buku dan motivator dari Amerika Serikat, namanya Alan Cohen. Ia pernah berkata begini:

“Ada dua macam manusia di dunia ini yakni mereka yang mencari Alasan dan mereka yang mencari Keberhasilan. Orang yang mencari Alasan selalu mencari alasan mengapa pekerjaannya tidak selesai atau gagal dan orang yang mencari Keberhasilan adalah orang yang selalu mencari alasan mengapa pekerjaannya dapat diselesaikan dan berhasil dengan baik.”

Nah, marilah kita melihat diri kita masing-masing. Termasuk manusia macam apakah kita? Apakah kita tergolong pribadi yang selalu mencari alasan atau mencari keberhasilan?

Hidup itu harus punya visi yang jelas.

Tetap semangat!

PJSDB

Leave a Reply

Leave a Reply