Berempati itu indah

Mari ber-empati

P. John SDBPada sore hari ini saya ber-chating ria dengan seorang pemuda yang konon masuk kerja selama setengah hari. Setelah berbincang-bincang tentang pekerjaan, ia mengatakan bahwa sekarang ini sulit untuk menemukan orang yang benar-benar ber-empati dengan sesamanya. Orang hanya bersimpati saja tetapi belum mampu berempati. Saya bertanya kepadanya, apakah dia sudah mulai berempati dengan sesamanya. Ia mengatakan bahwa berempati itu masih dalah taraf perjuangan. Saya mengatakan kepadanya untuk berjuang sampai meraihnya dengan sempurna.

Kata empati dalam bahasa Indonesia berarti keadaan mental yang membuat seseorang merasa atau mengidentifikasikan dirinya dalam keadaan perasaan, atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain. Kata empati sering disamakan dengan kata berbela rasa. Artinya setiap orang dapat mengidentifikasi diri dan perasaan dengan orang lain. Sesungguhnya, kata empati memiliki kekuatan yang besar untuk mengubah manusia menjadi sungguh-sungguh manusia. Manusia yang memiliki hati nurani untuk mampu mengasihi Tuhan dan sesama. Manusia yang dapat membagi dirinya bagi kebaikan sesama.

Penulis Amerika bernama Stephen Covey pernah berkata:

“Ketika kamu menunjukkan empati yang besar kepada orang lain, energi negatif mereka menurun dan digantikan oleh energi positif. Itulah ketika kamu lebih kreatif dalam menyelesaikan masalah.”

Perkataan ini memang sederhana tetapi memiliki makna yang mendalam. Ada banyak orang yang sulit membangun komunikasi dengan orang lain. Mereka lebih suka tertawa di atas penderitaan orang lain dari pada memberi dukungan seperlunya. Hal ini bisa terjadi karena orang itu masih dikuasai oleh energi negatif bukan energi positif. Mari kita berusaha untuk memiliki banyak energi positif sehingga mampu berempati atau berbela rasa dengan sesama.

Berempati itu menjadi indah ketika setiap pribadi memiliki hati penuh kasih kepada sesamanya. Jadi orang yang berempati tidak mudah berpikiran negatif terhadap sesamanya. Apakah anda sudah berempati atau masih dalam level simpatik saja?

PJSDB

Leave a Reply

Leave a Reply