Perbuatan baik seperti akar pohon

Perbuatan baik

P. John SDBApakah anda sudah berbuat baik sepanjang hari ini? Ini adalah pertanyaan dari seorang Romo ketika mengawali homilinya pada misa sore hari. Terlihat umat yang hadir saling berbisik satu sama lain sambil menghitung-hitung banyaknya perbuatan baik yang mereka lakukan sepanjang hari. Anak-anak kecil langsung mengatakan jumlah dan jenisnya.

Wah, sungguh sangat manusiawi. Kita mudah menghitung berapa perbuatan baik yang sudah kita lakukan kepada sesama. Selanjutnya kita merasa begitu hebat dibandingkan dengan orang lain. Kita juga mudah lupa bahwa sebenarnya Tuhan sudah lebih dahulu berbuat baik kepada kita. Dan jumlahnya banyak, melampaui segalanya. Mari kita belajar untuk berbuat baik.

Tuhan Yesus berkata: “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” (Mat 5:16).

Saya teringat pada Amelia Earheart. Dia adalah pilot wanita pertama dari Amerika Serikat pernah berkata: “Suatu perbuatan baik itu menebar akar ke segala penjuru, akar-akar itu akan betumbuh menjadi pohon yang baru”

Ayo bro-n-sis, jangan berhenti berbuat baik! Sebarkan akar-akar perbuatan baikmu. Lakukanlah itu dengan cinta kasih yang besar.

PJSDB

Leave a Reply

Leave a Reply