Renungan Harian PSYB Sunter 3 Mei 2017

Renungan: Yoh 14:6-14

Apakah engkau sudah mengenal Yesus?

Ada seorang beragama Hindu yang bersahabat dengan seorang Katolik. Mereka sering membagi pengalaman-pengalaman tentang kehidupan pribadi mereka, termasuk relasi mereka dengan Tuhan. Pada suatu kesempatan orang Hindu itu bertanya kepada sahabatnya orang Katolik: “Anda selalu bangga dengan ajaran agama Katolik, tetapi apakah anda sudah mengenal Yesus?” Pertanyaan ini memang sederhana namun memiliki makna dan kekuatan yang luar biasa. Kita semua bangga sebagai orang Katolik karena dibaptis tetapi akan lebih berbangga lagi ketika kita benar-benar mengenal Yesus Kristus. Mungkin saja kita mengaku diri sebagai orang Katolik tetapi belum mengenal siapakah Yesus Kristus itu.

Pertanyaan orang yang beragama Hindu ini tidak perlu membuat kita takut, karena ternyata pada zaman Tuhan Yesus juga masih banyak yang belum mengenal-Nya. Mereka menyaksikan pekerjaan-pekerjaan Yesus yang membuat mereka begitu terpesona, mendengar Sabda yang disampaikan-Nya dengan kuasa dan wibawa, namun mereka belum mengenal Dia. Filipus adalah rasul yang hari kita rayakan pestanya juga sama dengan banyak di antara kita. Ia berkata: “Tuhan, tunjukkan Bapa kepada kami, itu sudah cukup” (Yoh 14:8). Filipus menunjukkan kepolosan, kejujuran dan kesderhanaan imannya kepada Yesus. Ia sudah lama tinggal bersama Yesus tetapi belum mengenal Yesus yang bersatu dengan Bapa dalam Roh Kudus. Filipus adalah kita yang mengakui diri sebagai orang Katolik tetapi belum mengenal Yesus sebagai Jalan, Kebenaran dan Hidup kita.

Apa yang harus kita lakukan? Supaya dapat mengenal Yesus yang bersatu dengan Bapa maka kita perlu hidup serupa dengan St. Yakobus Anak Alfeus atau Yakobus Muda. Dia adalah saudara sepupu Yesus yang nantinya menjadi Uskup di Yerusalem. Hal yang menakjubkan dari pribadinya adalah hidupnya sederhana dan selalu bertekun dalam doa. Bagi saya, dengan hidup sederhana dan bertekun dalam doa maka kita dapat mengenal Yesus sebagai Jalan, Kebenaran dan Hidup. Yesus adalah satu-satunya Pengantara kita kepada Bapa di Surga.

Sekarang pikirkanlah hidupmu di hadirat Tuhan. Apakah anda sudah mengenal Yesus Kristus? Kalau belum mengenal-Nya dengan baik maka jangan takut. Bulan Mei ini adalah bulan yang kita khususkan kepada Bunda Maria. Kita menghormatinya sebagai Bunda Maria Penolong Umat Kristiani sesuai ajaran St. Yohanes Bosco. Mari kita mendekatkan diri kepada Bunda Maria dan biarkan dia mengajari kita tentang Yesus Kristus Puteranya.

St. Filipus dan Yakobus, doakanlah kami. Amen.

PJSDB

Leave a Reply

Leave a Reply