Renungan 16 Desember 2011

Yes 56: 1-3.6-8; Mzm 67: 2-3.5. 6-7; Yoh 5:33-36

Yohanes Pembaptis adalah Pelita yang menyala!

Setelah menyembuhkan seorang yang sudah 38 tahun lamanya sakit pada hari Sabat di kolam Betesda, Yesus lalu harus berhadapan langsung dengan orang-orang Yahudi yang berniat membunuhNya. Sikap Yesus yang meniadakan hari sabat, memanggil Allah sebagai BapaNya sekaligus menyamakan diriNya dengan Allah menjadi alasan orang Yahudi untuk mau  membunuhNya. Dari pengalaman ini Yesus lalu berusaha untuk memberi kesaksian tentang diriNya dengan tujuan agar semua orang menerima dan mengimaninya. Untuk mempertegas kesaksian tentang diriNya, Yesus menggunakan 4 saksi yang memberi kesaksian yang sempurna: Yohanes Pembaptis, semua karya yang sedang Ia lakukan, Bapa di Surga dan Kitab Suci.

Yohanes Pembaptis adalah figur penting pada pekan Gaudete ini. Salah satu tugas dari Yohanes Pembaptis dalam Injil Yohanes adalah memberi kesaksian tentang Yesus (Yoh 1:6-8.15.19-36). Yohanes telah bersaksi tentang kebenaran. Oleh karena itu Yesus memuji Yohanes dengan mengatakan: “Yohanes itu laksana pelita yang menyala dan yang bercahaya.” Perkataan Yesus ini sebenarnya menjadi penegasan bahwa Dia adalah  Cahaya dunia. Semua karya Yesus juga turut memberi kesaksian tentang diriNya. Puncak karya Yesus adalah pengurbananNya di atas Kayu Salib.

Kita semua dipanggil untuk menjadi pengikut Kristus dan tentu bersedia merealisasikan dua kesaksian tentang Yesus yakni pertama, menjadi seperti Yohanes Pembaptis yang menyerupai pelita yang menyala dan bercahaya. Umat beriman harus menjadi pelita yang menyala dan bercahaya sehingga dapat membawa orang kepada Kristus satu-satunya cahaya kekal. Kedua, Semua pekerjaan diserahkan Bapa surgawi kepadaNya untuk dilaksanakanNya. Pekerjaan-pekerjaan itu nantinya memberi kesaksian tentang Bapa dan diriNya sebagai Putera dan Roh Kudus. Pekerjaan-pekerjaan itu diberikan Yesus kepada kita untuk melayani sesama dan membawa mereka kepadaNya. Apakah Pelitamu sudah memiliki minyak dan dapat bernyala?
PJSDB  
Leave a Reply

Leave a Reply