Uomo di Dio

Persahabatan sejati itu mahal

P. John SDBKita selalu menemukan orang-orang yang memperoleh kesuksesan tertentu. Beberapa hari yang lalu, pesepak bola Christiano Ronaldo mendapat penghargaan untuk kedua kalinya sebuah bola emas. Ronaldo atau CR7 dinilai sukses secara pribadi dalam bidang sepak bola oleh para kapten dan pelatih kesebelasan sepak bola di seluruh dunia. Terlepas dari pro dan kontra bola emas ini, striker Real Madrid ini memang sangat populer. Siapa yang tidak mengenal CR7? Dari anak-anak kecil sudah mengenakan baju dengan nama Ronaldo dan menjadikannya sebagai idola. Tentu saja dengan memandang figurnya orang bercita-cita mau menyerupainya. Mereka diam-diam membangun persahabatan yang semu dengan sang idola, sebuah persahabatan jarak jauh. Ronaldo sendiri tidak mengenal para pengemarnya satu per satu.

Dalam dunia business ada orang tertentu yang cerdas dan bijaksana memiliki cara tertentu untuk memperoleh kekayaan. Ada orang yang berusaha untuk membuat sesuatu yang lebih supaya dapat memperoleh kekayaan yang berlimpah. Ada juga orang lain yang tidak menggunakan prinsip berbuat lebih tetapi melakukannya dengan jalan membangun persahabatan yang langgeng, dalam bentuk hubungan yang harmonis, dalam bentuk amal tanpa pamrih, dalam kapasitas untuk memahami sesama, dalam kesediaan untuk berbagi karunia dengan sesama yang lain.

Saya pernah terpesona dengan kehidupan Mr. Edward Choate. Dia berasal dari Los Angeles dan memiliki master key untuk sukses dalam pekerjaannya. Ia bekerja sebagai penjual asuransi jiwa. Ia pernah mengalami hidup yang keras karena usahanya ini gagal. Banyak kali ia menyendiri, memperhatikan, mendengar dan berpikir serta merenungkan nasibnya. Ia pernah mencapai grafik yang tinggi, kini dia berada di anak tangga terakhir, sebuah anak tangga kegagalan.

Pengalamannya yang keras ini mendorongnya untuk bermeditasi. Ia pasrahkan semuanya kepada Tuhan. Ia juga menyadari bahwa kehilangan kekayaan materil bisa mengantarkan orang ke sumber kekayaan yang lebih besar yakni kekuatan rohani yang ada di dalam dirinya. Dia lalu memutuskan untuk membangun persahabatan sejati dengan membantu sesama manusia. Ia pernah secara kebetulan berjumpa dengan seorang pemuda yang sedang mencari kerja. Ia membawanya ke rumah, memberinya makan, menghibur dan mengijinkankan untuk menginap di rumahnya sampai mendapat pekerjaan. Mr. Edward mengambil inisiatif dengan menunjukkan rasa belas kasihnya kepada pemuda itu. Ini ada kunci keberhasilannya. Pekerjaannya di asuransi mulai berjalan kembali hingga mencapai rekor tertinggi. Siapakah polis terbesarnya? Dialah atasan pemuda yang mencari kerja dan pernah ditolong oleh Mr. Edward. Ini adalah nilai persahabatan sejati. Cinta kasih menghasilkan buah yang berlimpah.

Banyak orang yang merasa sukses di dalam hidupnya memberi kesaksian bahwa kekayaan yang mereka miliki adalah hasil kecerdasan dan kebijaksanaannya sendiri. Sangatlah jarang orang  dengan jujur memberi pujian kepada orang lain yang menjadi sumber inspirasinya. Sesama, bahkan mereka yang berada di luar jangkauan hidup memberi sumbangan yang sangat berarti bagi kebahagiaan diri kita dan sesama yang lain. Ya, persahabatan sejati mengubah hidup kita.

Mari kita memandang Yesus sang Inspirator kita. Selama hidupNya di dunia ini, Yesus membangun persahabatan sejati dengan manusia. Para murid yang siang dan malam bersamaNya adalah mereka yang merasakan persahabatan yang berakar dan mendalam. Ia sendiri berkata: “Kamu adalah sahabatKu,  Aku menyebutmu sahabat” (Yoh 15:14-15). Pria Katolik adalah sahabat-sahabat sejati  Yesus. Persahabatan sejati dapat membawa orang kepada kesuksesan dalam hidup. Pelajaran berharga dari tuan Edward mengatakan kepada kita semua bahwa kesuksesan di dalam hidup bukan semata-mata usaha pribadi atau menambah pekerjaan ekstra, melainkan pada belas kasih dan persahabatan sejati  dengan Tuhan dan sesama.

Sekarang mari kita memadang diri kita masing-masing. Apakah anda merasa bahwa dirimu juga penting bagi sesama. Apakah persahabatan-persahabatan yang dibangun selama ini memiliki nilai positif dan dapat meningkatkan taraf kehidupan sesama? Apakah anda juga seorang sahabat yang baik? Persahabatan sejati itu mahal!

PJSDB

Leave a Reply

Leave a Reply