Food For Thought: Pilihan istimewa

Sebuah pilihan yang istimewa!

Ada seorang sahabat menceritakan pengalamannya ketika mereka melakukan reuni teman-teman seangkatan di sekolah. Setelah cukup lama berbincang-bincang, salah seorang teman seangkatannya muncul dengan menggandeng istrinya. Berbagai komentar pun bermunculan. Ada seorang yang mengatakan bahwa penampilan istrinya biasa-biasa saja. Ada yang lain mengatakan kepadanya supaya berbahagia karena memiliki istri yang cantik dan baik hati. Masih banyak komentar dari teman-teman seangkatannya. Ia menjawab mereka: “Istri saya ini adalah pilihan yang paling istimewa bagiku, dan dia selalu istimewa bagiku”. Semua teman yang lain tersenyum sambil merenung karena di antara mereka ada yang sudah bukan menjadi satu daging lagi.

Pada hari ini kota mendengar bacaan Injil yang istimewa juga. Tuhan Yesus memanggil banyak orang tetapi memilih dua belas orang sebagai murid-murid atau yang kita kenal sebagai rasul-rasulnya. Ia memberi mereka kuasa untuk mengusir roh-roh jahat dan melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. Nama-nama para murid terpilih juga disebutkan berpasangan dengan kata penghubung “dan” untuk menunjukkan bahwa kesaksian mereka tentang Yesus Kristus dan Injil-Nya itu sah. Inilah nama-nama mereka: Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus dan Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Yesus. Para murid berpasangan, diutus pergi berdua-dua untuk mewartakan bahwa Kerajaan Surga sudah dekat.

Pesan-pesan Yesus selain kuasa yang diberikan kepada mereka adalah supaya mereka jangan menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota Samaria. Fokus mereka adalah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Semua yang mereka lakukan bukan keinginan mereka melainkan keinginan Tuhan. Pekerjaan yang dilakukan adalah pekerjaan Tuhan Yesus sendiri bukan pekerjaan mereka.

Tuhan Yesus membuat pilihan yang istimewa. Para murid-Nya ini tidak berdaya maka Ia memberi mereka kuasa-Nya sendiri supaya mereka ikut terlibat dalam karya keselamatan.

Anda dan saya juga merupakan pilihan istimewa dari Tuhan untuk ikut terlibat dalam misi Gereja. Untuk itu siapkanlah waktumu untuk Tuhan. Layanilah Tuhan dengan sukacita karena anda juga pilihan istimewanya.

PJSDB

Leave a Reply

Leave a Reply