Bersama Maria: Hari Keenam

Maria adalah sahabat terbaikku!

Ad Iesum per Mariam.

Pada hari ini Gereja Katolik mengenang Santu Domoinikus Savio. Dominikus Savio (Dominikus berarti milik Tuhan), lahir di Riva, Chieri, Italia pada tanggal 2 April 1842. Ayahnya bernama Carlo dan ibunya Birgitta Savio. Orang kudus usia remaja ini adalah murid St. Yohanes Bosco. Dominikus Savio dikenal sebagai orang kudus remaja (meninggal saat berusia 14 tahun). Pada saat hendak menerima komunia pertama, ia membuat empat janji yang membuka jalan kekudusan baginya.

Keempat janji yang dimaksud adalah:
1. Saya akan menerima Sakramen Tobat dan Sakramen Ekaristi sesering mungkin.
2. Saya akan berusaha memberikan hari Minggu serta hari-hari libur sepenuhnya untuk Tuhan.
3. Sahabat terbaikku ialah Yesus dan Maria.
4. Lebih baik mati daripada berbuat dosa.

Lihatlah bagaimana seorang anak remaja memiliki sebuah tingkat kematangan rohani yang tinggi. Dari keempat janji ini, janji yang ketiga sangat luar biasa. Bunda Maria baginya bukan hanya sebagai Ibu tetapi seorang sahabat terbaik. Wah, apakah anda dan saya pernah berpikir Bunda Maria seperti St. Dominikus Savio?

Dominikus Savio mengatakan: “Maria adalah sahabat terbaikku”. Jadi, Maria bukan hanya sebagai seorang ibu yang kita sapa melalui doa Salam Maria. Dominkus Savio mengajar kita untuk menyapa Maria sebagai sahabat terbaik. Mulai sekarang kita harus berpikiri bahwa Bunda Maria adalah sahabat terbaik kita juga.

Siapakah Maria di mata Dominikus Savio sampai ia menganggapnya sebagai sahabat terbaik? Maria adalah Dia yang tidak berdosa atau dengan bahasa lain: “Maria dikandung tanpa noda dosa”. Sebagai seorang anak remaja, Ia membentuk perkumpulan “Bunda Maria dikandung tanda noda dosa”. Ia meminta teman-temannya untuk berdevosi kepada Bunda Maria dikandung tanpa noda dan hidup dalam kekudusan (suci hati).

Pada hari ini kita belajar dari St. Dominikus Savio untuk menjadi sahabat terbaik bagi Bunda Maria. Apa yang kita harus lakukan? Pertama, rajin berdevosi kepada Bunda Maria dan mengambil teladan hidupnya menjadi milik kita. Kedua, Rajin berdoa Rosario. Ketiga, Rajin berziarah ke tempat-tempat kudus Bunda Maria.

Bunda Maria adalah sahabat terbaik kita maka hendaklah dia selalu dekat di hati kita.

St. Dominikus Savio, doakanlah kami. Amen.

PJ-SDB

Leave a Reply

Leave a Reply