FoodFor Thought: Terima kasih Elisabeth

Terima kasih Elisabeth!

Pada hari ini kita mengenang sosok Elisabeth, istri Zakharias dan ibunda St. Yohanes Pembaptis. Dia begitu penting dan berharga di mata Santa Perawan Maria sehingga dalam keadaan hamil muda, Maria tetap mengambil keputusan untuk mengunjungi dan melayaninya hingga melahirkan puteranya Yohanes Pembaptis. Elisabeth adalah seorang wanita biasa-biasa. Mungkin yang lebih hebat adalah suaminya Zakharias karena dia adalah seorang imam yang melayani Tuhan di dalam Bait Allah. Lagi pula Elisabeth dikenal sebagai seorang perempuan yang mandul. Dia pasti mengalami kekerasan verbal karena dianggap rahimnya sudah mati, mungkin jiuga akibat dosa-dosa tertentu dari orang tuanya sehingga dia menjadi mandul. Kita dapat membayangkan betapa menderitanya Elisabeth sebagai seorang perempuan.

Dalam suasana seperti itu, Tuhan menaruh belaskasih kepada Elisabeth. Istri dari sang imam di Bait Allah ini mendapat penglihatan dan Tuhan menunjukkan kasih dan kerahiman-Nya kepada Elizabeth dan Zaharias. Akibatnya, ia mengandung secara ajaib di usia senja. Dia yang dianggap mandul itu diberkati Tuhan sehingga dapat mengandung dan melahirkan Yohanes Pembaptis yang membuka jalan bagi Yesus sang Mesias. Di mata manusia Elisabeth tidak berharga, tetapi di mata Tuhan, Elisabeth begitu berharga dan menjadi pilihan Tuhan sebagai bagi Yohanes Pembaptis. Elisabeth bahkan mengungkapkan iman dan rasa syukurnya kepada Bunda Maria dan kepada Tuhan seperti ini: “Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu. Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku? Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan. Dan berbahagialah ia, yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana.” (Luk 1:42-45).

Dari Elisabeth kita semakin mengenal dan mencintai Bunda Maria. Dia adalah mengakui sosok penting Bunda Maria: Maria diberkati dari antara semua wanita dengan sendirinya diberkati Yesus buah rahimnya, Maria adalah ibu Tuhan Yesus. Maria adalah sosok orang beriman yang percaya kepada Tuhan. Ini adalah beberapa hal yang membuat kita belajar mengenal Maria melalui Elisabeth. Kita patut berterima kasih kepada St. Elisabeth yang mengajar kita untuk mengenal dan mengasihi Bunda Maria.

Pada saat ini kita butuh Elisabeth untuk membantu sesama lain supaya lebih mengenal sosok Yesus sang penebus. Dia tidak hanya mengajar Yohanes Pembaptis untuk mengenal Tuhan, dia juga mengajar kita untuk mengenal lebih dalam lagi Maria, Bunda Yesus. Ad Iesum per Mariam. Kita dapat mengenal Yesus lebih dalam lagi kalau kita sunguh mencintai Maria yang diperkenalkan Elisabeth kepada kita semua. Terima kasih St. Elisabeth dan doakanlah kami selalu.

St. Perawan Maria, doakanlah kami.
St. Elisabeth, doakanlah kami.

P. John Laba, SDB