Parenting ala Yesus

Meditasi Lukas 6:11

Ulurkanlah tanganmu!


Yesus masuk ke dalam Sinagoga dan mulai mengajar pada hari sabat. Ada seorang yang mati tangan kanannya. Yesus memanggul orang sakit ini ke tengah dan memintanya mengulurkan tangannya. Seketika itu sembuhlah tangannya. Peristiwa ini menjadi skandal bagi orang-orang Farisi dan para ahli Taurat karena Yesus melakukan pekerjaan pada hari Sabat.


Mengapa Yesus menyembuhkan orang ini dengan memintanya mengulurkan tangan? Menurut St. Ambrosius, Yesus menyuruh orang sakit mengulurkan tangannya merupakan cara penyembuhan yang lazim pada masa itu: “Bagi mereka yang berpikir tangannya sehat harus waspada terhadap bahaya kerakusan dan sakrilegi. Sebaiknya jauhilah tanganmu dari hal-hal ini. Gunakalah tanganmu yang terulur untuk menolong sesamamu misalnya memberi perlindungan terhadap para janda. Angkatlah tanganmu kepada Tuhan dan mohonlah pengampunan atas dosa-dosamu. Ulurkanlah tanganmu maka segalanya akan menjadi baik. Ingat, Jeroboam pernah mengulurkan tangannya kepada dewa-dewi dan ia mengalami kebinasaan.”


Apa yang harus dilakukan para orang tua? Belajar dari Yesus, orang tua seharusnya peka terhadap keadaan anak-anak. Ketika mereka sakit atau mengalami kecelakaan sudah selayaknya orang tua siap menolong. Dengan tangannya orang tua dapat mengulurkan tangan untuk menolong, menjamah dan memberkati. Anak-anak selalu merasa bahagia kalau diberkati orang tuanya setiap hari. Anak-anak akan merasa kecewa kalau orang tua mengulurkan tangannya bukan untuk memberkati tetapi untuk menyakiti atau melecehkan. Ingatlah, tanganmu adalah sumber berkat dan kebaikan bukan kejahatan! 

Hai para orang tua, gunakanlah tanganmu dengan baik!


PJSDB

Leave a Reply

Leave a Reply