Food For Thought: Tuhan setia pada janji-Nya

Tuhan tidak pernah ingkar janji

P. John SDBMengikrarkan kaul kebiaraan adalah kalimat yang lazim dalam hidup membiara. Para biarawan atau biarawati yunior membaharui kaul-kaul kebiaraan setiap tahun. Selama periode 6-9 tahun, ia menyiapkan diri untuk mengikrarkan kaul kekal. Pimpinaan biara selalu mengharapkan supaya anggota-anggotanya berkomitmen untuk menghayati kaul-kaul kebiaraan, setia sebagai orang yang taat, miskin dan murni seperti Kristus sendiri. Kaul kebiaraan diucapkan di depan umum sehingga disebut kaul meriah. Pasangan yang menikah mengucapkan janji pernikahan secara meriah di depan umum. Pasangan yang mengucapkan janji perkawinan itu diharapkan mampu berkomitmen untuk setia satu sama lain sampai mau memisahkan mereka. Orang yang menerima jabatan tertentu mengucapkan janji supaya bekerja dengan jujur, efektif dan efisien. Pertanyaannya adalah, apakah kita setia menghayati janji-janji itu?

Saya sendiri memeriksa bathin setiap hari dan banyak kali mengatakan dengan jujur kepada Tuhan bahwa saya tidak setia mematuhi janji-janji saya. Betapa sulitnya seorang biarawan menjadi pribadi yang taat, miskin dan murni seperti Kristus sendiri. Ketika menyadarinya, saya selalu meminta kepada Tuhan supaya menguatkan saya untuk memulai lagi belajar untuk setia. Dan inilah pengalamanku selama dua puluh lima tahun di dalam biara. Kekuatanku adalah Tuhan. Ia adalah sahabat dalam perjalanan dan peneguh manakala saya sulit menghayati nasihat-nasihat Injil.

Pada hari ini, saya disadarkan oleh St. Paulus tentang kehidupan Abraham di hadirat Tuhan. Paulus menulis: “Tetapi terhadap janji Allah ia tidak bimbang karena ketidakpercayaan, malah ia diperkuat dalam imannya dan ia memuliakan Allah, dengan penuh keyakinan, bahwa Allah berkuasa untuk melaksanakan apa yang telah Ia janjikan.” (Rm 4:20-21). Abraham mengalami banyak kesulitan tetapi ia tetap setia karena mengimani Allah. Ia percaya bahwa Allah selalu menepati janjinya. Banyak kali kita tidak setia pada janji-janji kepada Tuhan, tetapi Tuhan sendiri tidak pernah ingkar janji kepada kita.

PJSDB

Leave a Reply

Leave a Reply