Renungan 22 Desember 2011

1Sam 1, 24-28; Mzm 1 Sam 2:1.4-8; Luk 1:46-55

Meninggikan orang-orang yang rendah

Bagian awal Kitab Pertama Samuel (1 Sam 1: 1-28) mengisahkan bahwa Elkana mempunyai dua isteri yakni Penina dan Hana. Penina memiliki anak sedangkan Hana tidak mempunyai anak. Maka Penina selalu berlaku curang terhadap Hana. Elkana akrab dengan Tuhan. Ia selalu mempersembahkan korban kepada Tuhan semesta alam di Silo. Tentang Hana, ia tidak mempunyai anak karena Tuhan menutup kandungannya. Namun demikian ia tidak berhenti berharap pada Tuhan. Dia setia memanjatkan doa-doa kepada Tuhan Allah Israel. Dalam doanya ia mencurahkan isi hatinya kepada Tuhan. Tuhan mendengar doanya sehingga ia mengandung dan melahirkan anaknya laki-laki yang diberinya nama Samuel, artinya: “Aku telah memintahnya dari Tuhan”. Sebagai ungkapan rasa syukurnya, Hana menyerahkan anaknya kepada Tuhan: “Seumur hidup terseralah ia kiranya kepada Tuhan.”

Bunda Maria memuliakan Tuhan dengan magnificatnya. Magnificat merupakan nyanyian penuh sukacita Bunda Maria karena ia mengalami Allah yang begitu setia bagi umat manusia. Ada dua motivasi penting dalam Magnificat ini. Pertama, Pujian kepada Allah karena segala karyaNya yang dashyat, penuh dengan kerahiman serta belas kasih kepada manusia. Kedua, orang-orang yang miskin dan direndahkan akan ditinggikan. Bunda Maria memuliakan Allah karena Ia melakukan perbuatan-perbuatan besar dalam hidupnya, kerendahan hatinya sebagai seorang abdi, dan karena ia membiarkan Tuhan berkarya melalui karya-karya besar di dalam dirinya. Sikap Tuhan adalah memisahkan orang-orang yang congkak hatinya, yang berkuasa, dan yang kaya. Sedangkan belas kasihNya tercurah pada orang-orang yang rendah, yang lapar, dan yang percaya kepadaNya. Belas kasih juga tercurah bagi Israel hambanya yang percaya pada janji-janjiNya melalui nenek moyang dan para Bapa Bangsa.
Magnificat atau Kidung Maria mengajar kita untuk bersukacita dalam segala hal yang telah dikerjakan Allah dalam diri kita masing-masing dan juga dalam komunitas. Magnificat juga mewartakan bahwa Allah mewujudkan belaskasih dan cintaNya bagi orang yang rendah hati dan yang membutuhkan Tuhan di dalam hidupnya. Hana dan Maria adalah figur orang yang selalu berharap pada karya-karya agung Tuhan. Mari kita mengikuti kekudusan mereka. Amen.
PJSDB
Leave a Reply

Leave a Reply