Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu

Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu… 

image“Kasihilah Tuhan, hai semua orang yang dikasihiNya! Tuhan menjaga orang-orang yang setiawan, tetapi orang-orang yang berbuat congkak diganjarnya dengan tidak tanggung-tanggung. Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu, hai semua orang yang berharap pada Tuhan” (Mzm 31:23-24)

Tadi pagi saya dibangunkan oleh musik dari tetangga suara Maria Shandi dan Mieke (idiol) dengan penggalan lagu ini: “…Kuatkanlah hatimu, lewati setiap persoalan, Tuhan Yesus selalu selalu menopangmu, jangan berhenti harap padaNya: Tuhan pasti sanggup,TanganNya tak’kan terlambat ‘tuk mengangkatmu.Tuhan masih sanggup, percayalah Dia tak tinggalkanmu...” Tanpa sadar aku tergoda untuk ikut menyanyikannya dan merenungkan lagu ini. Ternyata sangat mendalam. Setiap orang memiliki persoalan sendiri-sendiri padahal impiannya adalah hidup bahagia dan sejahtera. Bebas dari berbagai persoalan hidup: sakit dan penyakit, utang piutang, komunikasi yang tidak beres juga ketidakharmonisan dalam keluarga dan lain sebagainya.

Kemarin sambil menjaga mamaku di rumah sakit, seorang pasien di kamar yang lain meninggal dunia.Tangisan histeris membangunkan sebagian pasien. Aku menatap wajah mamaku. Kelihatan dia ketakutan juga. Saya tanya kepadanya kenapa wajahnya berubah. Dia hanya mengatakan tangisan orang itu membangunkan dan menakutkan. Itulah warna-warni kehidupan manusia. Apa yang harus kita lakukan? Berharaplah pada Tuhan. Dia mengasihi orang yang dikasihiNya. Dia menjaga orang yang setia kepadaNya. Orang memang harus memiliki hati yang kuat dan teguh kepadaNya karena Dia pasti sanggup melakukan segalanya dalam hidup manusia. Bagaimana sikapmu sebagai orang beriman dalam mengatasi persoalan-persoalan hidupmu?

 PJSDB

Leave a Reply

Leave a Reply