Menjadi biji mata Tuhan

Mazmur Siang: 

Menjadi biji mata Tuhan… 

“Siapakah aku ini Tuhan. Jadi biji mataMu…” Demikian sepenggal lagu populer Ir. Niko Njotorahardjo yang dinyanyikan anak tetanggaku. Sebenarnya suaranya biasa-biasa tetapi rasanya jadi beda terutama ketika refrain lagu berjudul Kasih Setia ini diulangi kembali. Saya melihatnya dari jendela kamarku. ia menggunakan hp dan earphone sambil menyanyikan lagu ini. Karaoke ala kampung! Dari Kitab Kejadian, kita dikuatkan dan berbangga karena diciptakan oleh Tuhan sewajah denganNya: “Allah menciptakan manusia menurut gambarNya” (Kej 1:27). 
Ini berarti betapa mulianya kita di hadirat Tuhan dibandingkan dengan segala ciptaan yang lain. Perhatikanlah doa dari Mazmur berikut yang juga menunjukkan mulianya manusia di hadirat Tuhan: “Jika aku melihat langitMu, buatan jariMu, bulan dan bintang-bintang yang Kautempatkan, Apakah manusia sehingga Engkau mengingatnya? Apakah anak manusia sehingga Engkau mengindahkannya?” (Mzm 8: 3-4) Kutipan-kutipan ini membuat kita berbangga sebagai ciptaan yang bermartabat,yang bernilai di hadapan Tuhan. Dia memperhatikan kita sebagai biji mataNya. Artinya cinta kasihNya begitu besar bagi kita yang sewajah atau segambar denganNya. 
Perhatikan lagi doa Mazmur berikut: “Peliharalah aku seperti biji mata, sembunyikanlah aku dalam naungan sayapMu.” (Mzm 17:8). Apakah kita masing-masing pernah sadara bahwa kita adalah biji mata Tuhan? 
 PJSDB
Leave a Reply

Leave a Reply