Food for Thought

Food For Thought:

Yoh 1:29-34

Amnos Tou Theou

 P. John SDBSetiap kali merayakan Ekaristi bersama, sebelum menerima komuni kudus kita selalu mendoakan doa Amnos Tou Theou atau Agnus Dei. Dalam bahasa kita Anak Domba Allah.  Kita mengucapkan doa sebanyak tiga kali: “Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia, kasihanilah kami. Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia, kasihanilah kami. Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia, berilah kami damai”. Kita memohon supaya Yesus sang Anak Domba Allah berbelas kasih dan memberi damaiNya kepada kita.

Amnos Tou Theou merupakan gelar yang diberikan kepada Yesus oleh Yohanes Pembaptis dalam Injil Yohanes. Kepada para muridnya, Yohanes memperkenalkan Yesus: “Inilah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia” (Yoh 1:29). Anak Domba Allah merujuk pada ajaran Kristiani tentang Yesus Kristus yang mempersembahkan diriNya secara total untuk keselamatan umat manusia. Argumen Kristologisnya bersumber pada istilah yang populer dalam Kitab Perjanjian Lama terutama dalam Kitab nabi Yesaya yakni “Scapegoat”, dalam hal ini merujuk pada orang tertentu atau hewan yang dikorbankan untuk menghapus dosa-dosa manusia yang lain. Yesus melakukannya dengan sempurna dalam peristiwa Salib.

Para Bapa Gereja memahami Anak Domba Allah dalam kaitannya dengan kebajikan kemurnian, kesederhanaan, kebaikan dan ketaatan. Semua kebajikan ini sempurna di dalam diri Yesus Kristus. St Petrus mengatakan bahwa Kristus menebus kita bukan dengan barang fana melainkan dengan DarahNya yang mahal, seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat (1Pt 18-19). Terima kasih Tuhan Yesus atas pengorbananMu.

Anak Domba Allah, kasihanilah dan berilah kami damaiMu selalu.

P. John SDB

Leave a Reply

Leave a Reply