Food for Thought

Foood for thought:

Daud versus Goliat

Menarik untuk menyimak kisah heroik Daud melawan Goliat. Daud hanyalah seorang gembala sederhana, kecil, tanpa pengalaman apapun berperang melawan orang kuat. Goliat adalah orang yang berpengalaman dalam menggunakan alat-alat perang. Badannya besar dan kekar maka di hadapan Daud ia merasa seperti gajah melawan semut. Ada kesombongan dan kelaliman. Inilah yang berlawanan dengan kasih Tuhan.

Pengalaman Daud dan Goliat adalah pengalaman hidup setiap hari. Kadang kita merasa diri seperti Goliat. Berapa orang yang menjadi korban, terluka karena kekerasan verbal, sikap hidup tertentu yang membuat mereka menderita. Kita lupa diri saat menyakiti hati sesama. Itulah Goliatnya kita. Mungkin kita lebih baik menjadi Daud yang kecil, kurang diperhatikan tetapi besar di hadirat Tuhan.

Dalam masyarakat sosial, kita bisa menjadi Daud yang minoritas, powerless. Sulit sekali mengalami bebas beragama, sulit membangun rumah ibadat. Sulit bersekutu sebagai saudara seiman. Inilah hidup kita, berhadapan dengan orang kuat, mafioso, mental preman.

Hampir setiap hari kita berjumpa dengan orang kuat bermental preman. Lihatlah para pejabat bermental preman. Itulah Goliat-Goliat zaman ini. Kita hanyalah Daud yang menggunakan Tuhan sebagai senjata untuk melemahkan para Goliat modern. Kita berdoa agar para Goliat menjadi lembut hati dan bertobat.

Salam dan berkat Tuhan

PJSDB

Leave a Reply

Leave a Reply