Salam Maria

MARIA
Kemarin permenungan kita tentang kata Salam dalam doa salam Maria. Hari ini kita memfokuskan perhatian kita pada makna nama Maria. Nama Maria dikenal sebagai nama populer khasana bahasa Latin dalam Kitab Perjanjian Baru. Dalam bahasa Yunani Μαριαμ (Mariam) dan Μαρια (Maria).  Dalam bahasa Yahudi מִרְיָם (Miryam). Maknanya juga bebeda-beda.
Pertanyaan kita adalah, apa arti atau makna nama Maria? Ada banyak teori yang mengatakan bahwa Maria berarti “ingin memiliki anak”, “keasinan air laut”, “memberontak”. Ada yang beranggapan bahwa kemungkinan nama ini berasal dari nama orang Mesir yakni dari nama mry yang berarti “kekasih hati”, mr berarti “kasih”. 
Santu Hironimus yang mengerti dengan baik bahasa Aram dan Yahudi memberi penjelasan yang kiranya lebih masuk akal. Menurutnya, Maria berarti sesuatu yang sangat luas, seperti laut yang luas dan dalam atau samudera raya. Dalam bahasa Latin laut berarti mare. Maka Hironimus mengatakan Maria adalah bentuk jamak, sedangkan mare adalah bentuk tunggal. Mare berarti laut, samudera yang kadang sulit dijangkau oleh manusia. Dengan penjelasan sederhana ini maka kata Maria bisa berarti “keagungan” atau”kebesaran”, keindahan yang mengagungkan, kehendak dan kemurahan hati yang amat besar. Maka dalam hubungan dengan pribadi Bunda Maria, Tuhan tidak canggung untuk memilihnya menjadi ibu Yesus. 
Hironimus menambahkan, jika benar bahwa nama Maria berarti laut yang luas dan dalam maka Bunda Maria adalah setetes air laut. Mengapa hanya setetes padahal namanya berarti laut yang luas? Meskipun Maria menjadi ibu Yesus, namun dia tetap menjadi kecil di hadirat Tuhan karena dia hanya manusia biasa. Semua orang memanggilnya “bahagia” tetapi dia tetap seorang hamba yang melakukan perkataan Tuhan Allah. 
Bagi orang Yahudi, nama itu menunjukkan totalitas seluruh hidup manusia. Kita sendiri diberi nama istimewa. Nama Baptis misalnya membuat kita mengikuti teladan orang kudus untuk bersatu dengan Tuhan. Maka sambil merenungkan makna nama Bunda Maria ini, kita berusaha untuk menghormati sesama dengan memanggil nama mereka seadanya.
Refleksi: Apalah arti sebuah nama bagi anda? Apakah anda mensyukuri nama yang anda miliki?

Doa: Maria, Bunda yang agung dalam kehendak dan kebenaran, doakanlah kami. Amen
PJSDB
Leave a Reply

Leave a Reply