Food For Thought: Apalah arti sebuah nama

Petrus dan Paulus

P. John SDBFood For Thought hari ini berjudul “Petrus dan Paulus.”

Adalah William Shakespeare pernah berkata: “What’s in a name? That which we call a rose by any other name would smell as sweet” (Apalah arti sebuah nama? Sekiranya anda memberi nama lain untuk bunga mawar, ia tetap menunjukkan wanginya sebagai bunga mawar). Maka nama itu menunjukkan jati diri, cita-cita dan harapan dari seseorang.

Petrus dan Paulus. Apa makna nama kedua rasul ini? Nama Simon atau Petrus berasal dari bahasa Yunani: Πετρος (Petros) yang berarti batu keras atau batu wadas. Di dalam Kitab Perjanjian Baru Petrus disebut juga Cephas, yang dalam bahasa Aram berarti batu keras atau wadas. Yesus mengenal kepribadian Petrus sehingga menamainya Petros atau Cephas (Mat 16:18; Yoh 1:42). Nama Paulus adalah nama yang lazim dari keluarga orang Romawi yang berarti kecil atau dalam bahasa Latin berarti sederhana atau rendah hati.

Makna nama Petrus dan Paulus menunjukkan seluruh hidup, harapan dan cita-cita mereka. Petrus adalah orang pertama yang menunjukkan imannya akan Kristus sebagai Mesias, Anak Allah yang hidup. Ia ditentukan Yesus menjadi wadas bagi gereja, membentuk Gereja awal dari sisa Israel. Ia berkobar semangatnya dan bekerja di pusat (Yerusalem). Itu sebabnya ia layak disebut wadas keras untuk menjadi fondasi Gereja. Paulus adalah misionaris yang dengan gemilang menjelaskan misteri iman, ia menjadi guru dan pengajar bangsa-bangsa lain, tak kenal lelah melayani daerah-daerah. Ia melakukannya dengan rendah hati. Ia sendiri mengakui: “Celakalah aku kalau tidak memberitakan Injil.”

Petrus dan Paulus menginpirasikan kita supaya tingkah laku kehidupan kita selaras dengan nama yang diberika kepada kita. Nama merupakan tanda Allah hadir dan bekerja dalam hidup kita. Maka jangan mempermainkan namamu atau nama sesama.

PJSDB

Leave a Reply

Leave a Reply