Food For Thought: Berpikir Positif

Berpikir positif

Pada sore ini saya menemukan sebuah kutipan perkataan dari Zig Ziglar. Penulis berkebangsaan Amerikan ini pernah berkata: “Berpikir positif akan membiarkan Anda melakukan segala sesuatu lebih baik daripada berpikir negatif.” Saya merasa yakin bahwa anda dan saya pasti sepakat dengan perkataan ini. Memang terkadang kita lupa bahwa ketika kita selalu berpikir negatif justru akan mencelakakan kita sendiri. Misalnya, anda sedang mengendarai kendaraan sambil berpikir negatif terhadap seseorang, maka cepat atau lambat anda akan melakukan suatu perbuatan yang fatal bagi dirimu atau bagi orang lain. Akan sangat berbeda kalau sambil mengendarai kendaraanmu, anda berpikir positif tentang dirimu dan orang lain. Semuanya pasti membahagiakan, aman dan lancar.

Tuhan Yesus tahu siapakah anda dan saya. Dia tidak sungkan untuk menegur kita hari ini: “Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi.” (Mat 7:21). Pikirkanlah sepanjang hari ini. Anda mungkin masih di rumah saja atau sudah mulai beraktifitas, berapa kali anda berpikiran negatif dengan menghakimi sesamamu? Apakah anda menghakimi orang tua, anak, pasangan hidup atau sesamamu? Betapa memalukan kalau masih sempat menghakiminya. Semua ini karena sifat egois yang masih melekat kuat di dalam diri kita.

Tuhan Yesus juga berkata: “Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?” (Mat 7:23). Ini juga ekspresi pikiran negatif kita terhadap sesama. Saking berpikir negatif sampai lupa bahwa kita juga punya kelemahan. Hanya orang yang tidak mengenal diri yang tidak mengenal rasa malu untuk menilai dirinya di hadapan Tuhan dan sesama. Ayo mulailah memiliki habitus baru yakni berpikir positif terhadap diri dan sesamamu.

Salam pikiran positif!

P. John Laba, SDB