Food For Thought

Refleksi

Mat 19:16-26

Juallah dan Bagilah!

P. John SDBSepanjang hari ini berita-berita on line membahas masalah banjir di Jakarta. Banjir itu masalah tahunan yang turun temurun dan selalu menjadi satu program yang bagus bagi para calon leader di ibu kota Negara kita tercinta ini. Namun sejauh ini belum sepenuhnya tuntas. Ada banyak orang yang hanya bersuara mempersalahkan pemerintahan Jokowi-Ahok tetapi belum sempat berbagi ide dengan pihak-pihak pemerintah untuk membantu menyelesaikan masalah banjir ini. Orang lupa bahwa banjir itu terjadi sudah lama terjadi bukan pada zaman pemerintah saat ini. Tetapi ada seorang sahabat yang bertanya: “Apa yang dapat kita bagikan kepada para korban banjir?” Baginya banjir itu sudah turun temurun jadi mari kita membantu para korban banjir dan lupakan dulu pertanyaan-pertanyaan yang memojokkan pemerintah.

Pada hari ini kita mendengar kisah Injil yang inspiratif. Matius mengisahkan bahwa ada seorang pemuda yang datang kepada Yesus dan bertanya tentang syarat-syarat untuk memperoleh hidup kekal. Yesus mengarahkannya untuk memahami hukum kasih dan melakasanakan aneka perintah Tuhan. Orang itu mengakui bahwa ia sudah melakukan hukum kasih dan segala perintah Tuhan dari saat masih muda. Dia bertanya kepada Yesus hal apa lagi yang belum ia lakukan. Yesus megatakan kepadanya: “Pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada kaum miskin, maka engkau akan memperoleh harta di surga, kemudian datanglah kemari dan ikutilah Aku” (Mat 19:21).

Yesus mengingatkan orang muda ini bahwa perintah-perintah Tuhan itu sempurna adanya dan syukur karena ia sudah melakukannya. Ia tidak hanya melakukan perintah-perintah Allah, perintah baru untuk saling mengasihi harus dilakukan secara sempurna. Masalahnya sekarang bukan hanya sekedar menjual segala yang dimiliki, tetapi hasil penjulan itu harus diberikan atau dibagikan kepada kaum papa miskin. Sejak saat itu anda tidak punya harta duniawi, tetapi harta surgawi. Inilah saat yang tepat untuk mengikuti Yesus.  Bagaimana dengan anda? Yesus berpesan: “Apa saja yang sudah kamu lakukan untuk salah seorang yang paling hina ini kalian lakukan untuk Aku” (Mat 25:40). Mari kita berbagi dengan saudara-saudari yang sedang mengalami musibah banjir di nusantara ini.

PJSDB

Leave a Reply

Leave a Reply