Riwayat St. Antonius, Abas

Santo Antonius, Abas

 

Anthony-the-abbotPada hari ini seluruh Gereja Katolik merayakan Pesta St. Antonius, Abas. Ia lahir pada tahun 250 dan meninggal tahun 356. Ia berasal dari Mesir, seorang pemuda yang kaya raya, karena mendapatkan harta dari orang tuanya, yang meninggal pada saat ia baru berusia 20 tahun. Antonius dengan semangat Injil membagi semua hartanya kepada orang-orang Miskin. kemudian ia hidup lebih dekat dengan Tuhan dengan bertapa, berdoa dan bermatiraga. Antonius mengarahkan seluruh perhatiannya pada usaha menjalin hubungan mesra dengan Allah melalui doa-doa, meditasi dan bertapa.

Semua ini mendorongnya kepada suatu tingkat hidup spritualitas rohani yang tinggi dan menjadikan dia seorang pendoa yang handal. Banyak orang mendatanginya dengan berbagai macam permasalahan hidupnya. Ia memberikan nasehatinya yang bagus karena sangat meneguhkan iman orang. Ia berkata: “Kamu mengetahui pandangan-pandangan setan yang menyesatkan. Kamu mengetahui kekuatan dan kelemahan setan, hadapilah semua itu, Percayakanlah kepercayaanmu kepada Yesus Kristus. Percayalah bahwa akhirnya kamu akan menang atas segala kejahatan”

Dalam kaitan dengan godaan setan ia berkata, “Saya tidak takut kepadamu; engkau sang pengoda tidak akan memisahkan daku dari cinta kasih Yesus Kristus”. Antonius tidak hanya memusatkan perhatian kepada kontemplasi dan meditasi saja, akan tetapi juga dalam pembelaan iman Katolik. Ia tercatat dua kali pergi ke Alexandria untuk menghibur dan meneguhkan saudara-saudara seiman yang mendapat tantangan dari kaum Arian yang sesat.

St. Antonius Abas, doakanlah kami.

PJSDB

Leave a Reply

Leave a Reply