Food For Thought: Berpakaian Pesta

Anda juga berpakaian pesta?

EucharistKita mengakhiri hari ini dengan FFT berjudul “Berpakaian Pesta”. Sumber inspirasinya adalah kisah dalam Injil tentang pernikahan anak sang raja (Mat 22:1-14). Dikisahkan bahwa ada seorang raja mengadakan pesta nikah putranya. Ia menyuruh hamba-hambanya untuk mengundang para undangan tetapi mereka memberi alasan tertentu untuk membenarkan diri supaya tidak mengikuti pesta. Maka raja menyuruh para hamba untuk mengundang semua orang jahat dan baik untuk mengikuti perjamuan. Sayang sekali ada seorang yang tidak berpakaian pesta sehingga raja menegurnya: “Hai saudara, bagaimana engkau masuk kemari dengan tidak mengenakan pakaian pesta?” (Mat 22:12). Orang itu akhirnya mendapat hukuman setimpal.

Apakah anda mengenakan pakaian pesta untuk perjamuan surgawi? Sebagai orang yang sudah dibaptis dalam Kristus maka kita juga telah mengenakan Kristus (Gal 3:27). Kita harus mengenakan manusia baru yang terus menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar khaliknya. (Kol 3:10). Kita mengenakan Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang (Rom 13:14). Dengan kuasa Roh Kudus kita juga mengenakan kuasa dari tempat tinggi (Luk 24:49). dalam Roh Kudus kita mengenakan diri kita dengan kerendahan hati dalam membangun relasi antar pribadi (1Ptr 5:5). Kita mengenakan belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran (Kol 3:12).

Apakah anda juga berpakaian yang layak untuk mengikuti perjamuan Ekaristi di Gereja? Apakah anda sudah mengenakan Kristus sebagai gaun kudusmu?

PJSDB

Leave a Reply

Leave a Reply