Food For Thought: Yesus saja bertanya

Yesus saja bertanya…

P. John SDBDalam kesempatan retret bersama sekelompok umat, seorang peserta retret mengangkat tangan dan mengajukan sebuah pertanyaan kepadaku. Kawan-kawannya menegurnya maka ia bereaksi dengan berkata: “Tuhan Yesus saja bertanya, mengapa saya dilarang bertanya kepada romo.” Perkataan orang ini saya rasakan sebagai pencerahan yang bagus: “Yesus saja bertanya.” Yesus selalu bertanya kepadamu dan jawablah dengan tulus dan jujur.

Dalam hidup doa, kadang-kadang ketika berdoa kepada Tuhan, bertanya kepadaNya, kita merasa bahwa Tuhan seolah-olah tidak mau mendengar dan menjawabnya. Apakah Ia juga mendengarnya? Ini semua seakan membuat kita bertanya-tanya dalam doa-doa kita.

Penginjil Matius melaporkan bahwa para imam kepala dan tua-tua Yahudi datang kepada Yesus dan bertanya kepadaNya (Mat 21:23). Yesus tidak menjawab pertanyaan mereka, Ia berkata: “Aku juga akan mengajukan satu pertanyaan kepadamu dan jikalau kamu memberi jawabnya kepada-Ku, Aku akan mengatakan juga kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu. Dari manakah baptisan Yohanes? Dari sorga atau dari manusia?” (Mat 21:24-25). Mereka menjawabnya: “Kami tidak tahu.” (Mat 21:27). Yesus juga berkata kepada mereka: “Jika demikian, Aku juga tidak mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu.” (Mat 21:27).

Yesus suka bertanya-tanya kepada manusia. Inilah beberapa pertanyaan Yesus dalam Injil: “Menurut kamu siapakah Aku?” (Mat 16:15). “Apakah anda mengasihi Aku?” (Yoh 21:17). “Manusia, dimanakah engkau?” (Kej 3:9). “Apakah kalian juga mau meninggalkan Aku?” (Yoh 6:67). “Siapakah yang kalian cari?” (Yoh 1:38). “Apakah anda percaya bahwa saya bisa melakukannya?“ (Mat 9: 28).

Tuhan Yesus juga bertanya kepada kita masing-masing. Janganlah anda menjawab: “Saya tidak tahu” (Mat 21:27). Jawablah Yesus dengan kasih.

PJSDB

Leave a Reply

Leave a Reply