Food For Thought: “Chesed”

Berbelas kasih seperti Yesus

P. John SDBKita mengakhiri hari ini dengan sebuah permenungan tentang berbelas kasih seperti Yesus sendiri. Dalam bahasa Yahudi, belas kasih disebut “chesed” (חסד). Kata chesed berarti belas kasih, cinta kasih penuh kebaikan (loving kindness). Chesed merupakan salah satu sifat Allah yang berhubungan dengan “kemurahan Allah”. Kata chesed dipakai Nabi Hosea sebagai janji pemeliharaan bagi istrinya (Hos. 2:19). Chesed dalam Perjanjian Baru merupakan kebaikan seseorang terhadap sesamanya dalam kesusahan (Mrk. 8:2). Hal ini sama saja dengan belas kasihan Allah kepada ciptaan-Nya (Mi. 6:8) yang akan diberlakukan-Nya pada penghakiman akhir (Mat. 25:31-46).

Penginjil Markus mengisahkan tentang Yesus yang memiliki belas kasih kepada manusia. Ia menghadirkan Kerajaan Allah dan menyembuhkan segala penyakit dan kelemahan manusia. Ketika mengunjungi sebuah kota, ia berjumpa dengan seorang kusta tanpa nama. Orang kusta itu tidak malu untuk meminta supaya Yesus menyembuhkanNya. Reaksi Yesus adalah “Ia mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata kepadanya: “Aku mau, jadilah engkau tahir.” Inilah satu cara bagaimana Tuhan menunjukkan belas kasihanNya.

Kita pun dipanggil Tuhan Yesus untuk menunjukkan belas kasihNya kepada sesama kita. Ketika berjumpa dengan kaum papa dan miskin, kita membawa khabar sukacita dan belas kasihNya kepada mereka. Segala kebaikan hati dan belas kasih Tuhan itu bisa mengubah hidup orang. Ada orang yang di otaknya hanya hal-hal yang jahat bisa berubah menjadi baik karena belas kasih Tuhan dan kebaikan yang kita bagikan kepadanya. Saudara, berbelas kasihlah kepada sesamamu sekarang juga.

PJSDB

Leave a Reply

Leave a Reply