Food For Thought: Berhati-hatilah

Berhati-hatilah saudara!

Fr. JohnSaudari-saudara terkasih. Apakah anda sudah menonton film terbaru berjudul “Survivors”. Penulisnya adalah Philip Shelby, disutradarai James McTeigue. Film ini dirilis di Amerika Serikat 29 Mei 2015 dan di Inggris 5 Juni 2015. Bintang-bintangnya adalah Milla Jovovich, Pierce Brosnan dan Dylan McDermott.

Saya tertarik pada tokoh Milla Jovovich yang berperan sebagai Kate Abbot. Dia direkrut sebagai pekerja di kedutaan Amerika Serikat London setelah banyak temannya tewas dalam peristiwa 9/11. Dia sangat ketat terhadap orang-orang asing yang membuat aplikasi untuk mendapatkan visa masuk Amerika Serikat, karena ada banyak teroris yang berencana untuk menghancurkan Amerika. Kate sendiri menjelaskan supaya pihak imigrasi bijaksana dalam mengeluarkan visa masuk namun sempat ditegur Bill Talbot kepala kantornya. Ia mencurigai Pierce Brosnan atau Nash “The Watchmaker” dan kloni-kloninya. Tetapi semua perkataan Kate Abbot tidak dipercaya atasannya. Ia tetap berjuang sehingga bisa menyelamatkan Amerika dari serangan teroris pada malam tahun baru di Times Square. Ia berhasil membunuh Nash dan menjinakkan bom. Semua rekan kerjanya teringat bahwa ia pernah mengatakan supaya selalu berhati-hati dalam memberi visa masuk ke Amerika Serikat.

Pada hari ini kita mendengar perkataan Tuhan Yesus supaya berhati-hati terhadap orang-orang Farisi yang munafik. Mengapa perlu berhati-hati? Karena mereka suka berjalan-jalan memakai jubah panjang dan suka menerima penghormatan di pasar, yang suka duduk di tempat terdepan di rumah ibadat dan di tempat terhormat dalam perjamuan, yang menelan rumah janda-janda, sedang mereka mengelabui mata orang dengan doa yang panjang-panjang. Mereka ini pasti akan menerima hukuman yang lebih berat. (Mrk 12:38-40). Ketika orang mendengar Yesus maka mereka bisa berhati-hati dan pandai membaca tanda zaman. Orang yang berhati-hati bisa membangun kepercayaan kepada orang lain dan bisa berbagi dengan sesamanya. Bagaimana dengan anda? Apakah anda juga mawas diri dan bisa mendengar sesamamu?

P.John Laba, SDB

Leave a Reply

Leave a Reply