Food For Thought

Act like Christ

P. John SDBF00d F0r Thought hari ini berjudul “Act like Christ”. Sumber inspirasinya adalah perkataan Yesus dalam Injil: “Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Surga” (Mat 5:20). Perkataan Yesus ini kedengaran sederhana tetapi menusuk sampai ke sumsum tulang kita. Banyak kali kita lebih cenderung menjadi  pengikut para ahli Taurat dan kaum Farisi daripada Yesus Kristus Tuhan kita.

Melalui jejaring sosial Path, saya pernah menulis dengan tangan: “Don’t act like Christian, act like Christ”. Kata-kata ini merupakan buah refleksi saya setelah membaca pandangan Mahatma Gandi tentang relasinya dengan Yesus Kristus. Ia suka mengutip kotbah Yesus di bukit (Mat 5-7). Ada seorang misionaris Kristen bernama E. Stanley Jones pernah bertanya kepadanya: “Sekalipun anda sering mengutip kata-kata Kristus mengapa anda menolak untuk menjadi pengikutNya?” Gandi menjawab: “Saya tidak pernah menolak Kristus, saya suka Kristus anda tetapi saya tidak suka dengan orang kristen anda. Andaikan saja orang kristen benar-benar hidup menurut ajaran Kristus di dalam Alkitab maka seluruh India sudah menjadi Kristen”. Sikap ekstrim Gandi merupakan bagian dari pengalaman masa lalunya di Afrika Selatan ketika ia dibentak oleh penatua berkulit putih yang menyapanya kafir.

Pikirkanlah di dalam hidupmu sepanjang hari ini. Kita bangga sebagai orang kristiani tetapi hidup kita jauh dari Kristus. Bisa jadi kitalah yang tidak layak masuk ke dalam Kerajaan Surga. Nah, orang boleh tahu bahwa kita ini orang Kristiani bukan karena kita memakainya di nama kita, tetapi karena kita menghayatinya di dalam hidup kita. Act like Christ, bertindaklah seperti Kristus jangan seperti orang Kristiani.

P. John SDB

Leave a Reply

Leave a Reply