Food For Thought: Waktunya Telah Genap

Waktunya telah genap…

P. John SDBSaya barusan mengatur buku-buku di lemari dan menemukan sebuah tulisan pada sebuah kertas berwarna kuning. Ini adalah tulisan tangan Pater Jose Carbonell, SDB, pioner Salesian di Indonesia. Bunyi tulisannya adalah: “This is the time of fulfillment. The Kingdom of God is at hand. Repent, and believe in the Gospel.” (Mrk 1:15). Kutipan Injil ini sama dengan perikop yang kita dengar pada hari ini.

Permenungan saya merujuk pada perkataan Yesus: “Waktunya telah genap” di mana Yesus datang ke dunia untuk menghadirkan Kerajaan Allah. Waktunya telah genap di mana semua orang harus bertobat dan percaya kepada kahabar sukacita. Waktunya telah genap di mana Yesus menjadi segala-galanya bagi kita.

Saya juga mengingat perikop surat kepada jemaat Ibrani tentang “Waktunya telah genap” sebagai berikut: “Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi, maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.” (Ibr 1:1-2). Waktunya telah genap di mana Tuhan Allah berbicara melalui Yesus PuteraNya. Ia adalah satu-satunya Tuhan dan Juruselamat kita.

Waktunya telah genap adalah waktu yang sangat kristiani. Kita diminta oleh Tuhan untuk selalu siap dalam segala waktu, membangun semangat tobat dan percaya kepada InjilNya. Bertobat berarti kembali ke jalan Tuhan atau bermetanoia. Percaya kepada Injil berarti menerima Yesus secara total, menjadi muridNya dan siap untuk mewartakannya kepada semua makhluk. Waktunya sudah genap bagi Gereja untuk melanjutkan pekerjaan-pekerjaan Yesus di dunia ini. Waktunya telah genap untuk mengakui Yesus sebagai Raja kita di atas segala raja.

PJSDB

Leave a Reply

Leave a Reply