Bersama Don Bosco, Hari ke-28

Kesehatan adalah sebuah anugerah Tuhan

Santo Yohanes Bosco merupakan Bapa, Guru dan Sahabat orang-orang muda. Sejak menjadi Pastor muda, dia sudah berpikir untuk membaktikan seluruh hidupnya bagi kaum muda. Tentu saja hal ini tidak hanya masuk di dalam pikirannya saja dan selesai. Semua yang dia pikirkan, itu juga yang dilakukan sepanjang hidupnya. Prinsip hidupnya di depan orang muda adalah: “Bagi kalian saya belajar, bagi kaliansaya bekerja, bagi kalian saya hidup, bagi kalian saya siap bahkan menyerahkan nyawaku”.

Don Bosco sangat aktif dalm melayani orang-orang muda. Dia harus belajar sendiri bagaimana mendidik anak-anak muda yang bukan berasal dari darah dagingnya sendiri. Ini tidaklah mudah, tetapi Tuhan menyertai Don Bosco. Ada tiga kata yang selalu diucapkannya sebagai janji di depan orang-orang muda yakni: Kerja, Roti dan Surga. Untuk mengejawantah diri sebagai manusia maka manusia harus bekerja. Hasil pekerjaannya adalah rejeki yang diberikan Tuhan kepadanya (Roti) dan dengan mensyukuri pekerjaannya maka ia akan membuka dirinya bagi Surga. Dia tanpa henti mengingatkan orang-orang muda dengan kata-kata ini: kerja, kerja dan kerja.

Sampai di sini kita dapat mengerti bahwa Don Bosco adalah seorang pekerja dan beliau menghendaki supaya anak-anaknya juga demikian. Namun supaya dapat bekerja, orang-orang muda harus sehat secara rohani dan secara fisik. Don Bosco menekankan aspek sehat secara rohani dapat dimiliki melalui sakramen Tobat dan Ekaristi. Dia menghendaki orang-orang muda memiliki hati yang murni. Don Bosco juga menekankan aspek kesehatan fisik. Ia pernah berkata: “Untuk menikmati kesehatan tubuh yang baik dan umur yang panjang, Anda membutuhkan empat hal berikut ini: Pertama, Hati nurani yang bersih dan murni ketika Anda pergi tidur di malam hari; dalam hal ini anda tidak merasa takut akan keabadian. Kedua. Moderasi dalam hal makan dan minum. Ketiga, Kehidupan yang aktif. Keempat, Memiliki teman yang baik, dalam hal ini menghindari teman-teman yang jahat.”

Di tempat lain, Don Bosco berkata: “Kesehatan adalah anugerah Tuhan yang luar biasa, dan kita harus menjaga sepenuhnya bagi Dia. Mata kita harus melihat hanya kepada Tuhan, kaki kita berjalan hanya kepada Dia, tangan kita bekerja hanya bagi Dia; singkatnya, seluruh tubuh kita harus melayani Tuhan selagi kita masih memiliki waktu.” Perkataan Don Bosco yang super sekali.

Pada hari ini mari kita berusaha menjaga kesehatan jamani dan rohani kita. Santo Yohanes Bosco, doakanlah kami. Amen.

P. John Laba, SDB