Food For Thought: Kamulah yang harus memberi mereka makan!

Give them some Food Yourselves!

P. John SDBIni adalah kalimat yang mengesankan saya kalau membaca perikop Injil tentang mukjizat yang dilakukan Yesus ketika menggandakan Roti dan Ikan.

Roti menjadi sebuah simbol yang penting ketika kita merenungkan tentang Ekaristi. Tentu saja ini erat hubungannya dengan Tubuh Yesus sendiri. Ketika mengangkat Roti, Ia mengatakan: “Inilah TubuhKu yang diserahkan bagi kamu.” (1Kor 11: 24). Paulus juga mengatakan bahwa karena Roti itu satu maka kita sekalipun banyak adalah satu tubuh. (1Kor 10:7). Roti yang satu dan sama diangkat, disyukuri, dipecah dan dibagi-bagi kepada semua orang. Sambil memandang Roti kita mengingat bahwa Tuhan memberi diriNya untuk memuaskan hidup banyak orang yang lapar secara jasmani dan rohani.

Ikan juga merupakan sebuah simbol penting. Kata ‘ikan’ dalam bahasa Yunani (ICHTHUS) digunakan sebagai singkatan untuk kata Iesous CHristos, Theou Uios, Soter yang berarti Yesus Kristus, Putra Allah, Sang Penyelamat. Huruf-huruf pertama frasa ini dalam bahasa Yunaninya adalah IXΘYΣ (ichthus).

Kembali kepada perkataan sang Maestro: “Kamu harus memberi mereka makan.” (Mrk 6:37).Tuhan Yesus mendorong kita supaya aktif mengatasi kesulitan yang ada di hadapan kita. Mungkin saja ada yang berkata kepada Tuhan dengan keluhan-keluhan, tetapi Tuhan akan mengatakan bahwa itu adalah tanggung jawabmu. Apakah hal ini membuat kita panik? Tidak! Tuhan memberi tanggung jawab tetapi Ia sendiri hadir untuk membuka jalan, memperingan beban hidup kita. Dia bahkan memberi diriNya sebagai santapan Ekaristi bagi kita selama-lamanya. Dia yang memberi diriNya dan kita melayani, melanjutkan kasihNya itu.

P.John SDB

Leave a Reply

Leave a Reply