Food For Thought: Hidup adalah sebuah Pilihan

Pilihlah kehidupan…

P. John SDBPada suatu kesempatan saya menemukan sebuah pembatas buku. Ada tulisan menarik berbunyi: “The 3C’s of life: Choices, Chances, Changes. You must make a Choice to take a Chance or your life never Change” (Ada tiga C dalam hidup kita yakni berbagai pilihan, kesempatan dan perubahan. Anda harus membuat pilihan untuk mengambil sebuah kesempatan atau hidupmu tidak akan berubah.” Ketiga kata kunci Choices, Chances dan Changes ini memotivasi hidup kita setiap hari untuk bertumbuh sebagai pribadi yang baik dan sempurna.

Musa adalah seorang pemimpin yang tangguh. Ia mengalami banyak kesulitan ketika memimpinChoice bangsa Israel melewati padang gurun. Ada pengalaman bangsa ini jatuh dan bangun, setia dan tidak setia kepada Allah. Tuhan lalu memberikan kepada umat Israel pilihan-pilihan untuk tetap setia kepada-Nya atau mundur dan memilih jalan yang lain di luar Tuhan. Umat Israel mengakui bahwa mereka akan tetap setia mengikuti Tuhan sampai di tanah terjanji.

Musa terus menerus mengingatkan umat Israel supaya bertindak sebagai anak-anak pilihan Tuhan, dengan menyembah dan memuliakan nama-Nya. Ini adalah sebuah pilihan hidup dan kesempatan untuk mengubah hidup mereka di hadirat Tuhan. Pilihan hidup yang dimaksud Musa adalah kesempatan untuk mengasihi Tuhan dengan segenap hati dan jiwa dan dengan akal budi. Menjauh dari Tuhan untuk menyembah berhala adalah musibah.

Inilah nasihat Musa: “Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu, dengan mengasihi Tuhan, Allahmu, mendengarkan suara-Nya dan berpaut pada-Nya, sebab hal itu berarti hidupmu dan lanjut umurmu untuk tinggal di tanah yang dijanjikan Tuhan dengan sumpah kepada nenek moyangmu, yakni kepada Abraham, Ishak dan Yakub, untuk memberikannya kepada mereka.” (Ul 30: 19-20).

Apakah pilihanmu saat ini?

PJSDB

Leave a Reply

Leave a Reply