Ulang Tahun Paus Emeritus Benediktus XVI

Selamat Ulang Tahun ke-88
Paus Emeritus Benediktus XVI

Vatican Pope VespersPaus Emeritus Benediktus XVI merayakan ulang tahunnya yang ke-88 pada tanggal 16 April 2015. Ucapan selamat ulang tahun dari seluruh penjuru dunia kepada Paus Emeritus, teolog besar dalam Gereja Katolik. Radio Vatican melaporkan bahwa beliau mendapat ucapan selamat ulang tahun istimewa dari kelompok Gebirgsschutzen (unit-unit perlindungan pegunungan) dari Bavaria, kampung halamannya dengan mengenakan pakaian adat/tradisional. Di antara mereka yang hadir dalam acara ultahnya, terdapat saudara tuanya Mgr. Georg Ratzinger dan Uskup Agung George Ganswein yang menangani Rumah Tangga Kepausan di Vatican. Paus Fransiskus, dalam misa hariannya mengatakan: “Hari ini adalah hari ulang tahun Benediktus XVI. Saya merayakan misa baginya dan mengundang kalian semua untuk berdoa baginya. Semoga Tuhan melindunginya dan menganugerahkan sukacita dan kebahagiaan kepadanya.”

Sebagaimana diketahui bahwa sejak mengundurkan dirinya sebagai Paus pada bulan Pebruari 2013 yang lalu, Benediktus XVI hidup sebagai seorang pertapa di pertapaan Mater Ecclesia, yang berlokasi di dalam Taman Vatican. Sekretaris pribadinya saat masih sebagai Paus Mgr. Alfred Xuereb mengatakan bahwa cinta kasih kepada Paus Emeritus bertambah besar setelah mengundurkan dirinya sebagai Paus. Mengapa? Karena Benediktus XVI menunjukkan sikap rendah hati, bijaksana dan pemikirannya selalu cemerlang bagi pertumbuhan Gereja Katolik. Regenerasi dalam kepemimpinan Gereja ketika beliau mengundurkan dirinya adalah tanda kerendahan hatinya di hadapan Tuhan dan sesama. Mengundurkan diri juga merupakan langkah yang tepat baginya karena juga menunjukkan kemurahan hatinya sebagai gembala.

Mari kita mendoakan Paus Emeritus Benediktus XVI. Semoga Tuhan memberi perlindungan dan berkat berlimpah dan beliau menjadi pendoa setia bagi Gereja Katolik.

PJSDB
Sumber: Radio Vatican 16 April 2015.

Leave a Reply

Leave a Reply