Salib Kristus di mata Para Kudus

SALIB DI MATA PARA KUDUS

St. Rosa da Lima: “Selain salib, tidak ada tangga lain yang dapat kita gunakan untuk mencapai surga.”

• St. Faustina: “Pada saat-saat sulit, saya akan memusatkan pandangan saya pada Hati Yesus yang diam membentang di kayu salib, dan dari nyala api yang memancar dari hati-Nya yang penuh belas kasihan, akan mengalir kepada saya kekuatan dan tenaga untuk terus berjuang.”

• St. Maximilanus Maria Kolbe: “Salib adalah sekolah cinta kasih.”

• St. Fransiskus dari Sales: “Gunung Kalvari adalah gunung para kekasih. Semua cinta yang tidak bersumber dari hasrat Juruselamat adalah bodoh dan berbahaya. Tidaklah bahagia cinta tanpa kematian sang Juruselamat. Kasih dan kematian begitu menyatu dalam sengsara sang Juruselamat sehingga kita tidak dapat memiliki yang satu di dalam hati kita tanpa yang lain. Di Kalvari, kita tidak dapat memiliki kehidupan tanpa kasih, atau kasih tanpa kematian Sang Penebus.”

• St. Fransiskus dari Sales: “Lakukanlah segala sesuatu untuk Tuhan, satukanlah dirimu dengan Dia dalam perkataan dan perbuatan. Berjalanlah dengan sangat sederhana dengan Salib Tuhan dan berdamailah dengan diri Anda sendiri.”

• St. Agustinus: “Saat mereka menatap-Nya, kami pun ikut memperhatikan luka-lukanya saat Dia tergantung di atas kayu Salib. Kami melihat darahnya mengalir saat Ia wafat. Kami melihat harga yang ditawarkan oleh sang penebus, menyentuh bekas luka kebangkitan-Nya. Dia menundukkan kepala-Nya, seolah-olah ingin mencium Anda. Hatinya dibuat terbuka, seolah-olah, dalam cinta kepadamu. Tangan-Nya terulur untuk memeluk Anda. Seluruh tubuh-Nya untuk penebusan Anda. Renungkanlah betapa agungnya hal-hal ini. Biarlah semua ini ditimbang dengan benar di dalam pikiranmu: sebagaimana Ia pernah terpaku pada salib di setiap bagian tubuh-Nya untukmu, demikianlah Ia sekarang terpaku di setiap bagian jiwamu.”

• St. Thomas Aquinas: “Jika kamu mencari kesabaran, kamu tidak akan menemukan teladan yang lebih baik daripada salib.”

• St. Yohanes Maria Vianney: “Segala sesuatu adalah pengingat akan Salib. Kita sendiri dibuat dalam bentuk salib.”

• St. Theodorus Studite: “Betapa berharganya karunia salib, betapa indahnya untuk direnungkan! Di dalam salib tidak ada percampuran antara yang baik dan yang jahat, seperti di dalam pohon firdaus: semuanya indah untuk dilihat dan sedap untuk dicicipi. Buah dari pohon ini bukanlah kematian tetapi kehidupan, bukan kegelapan tetapi terang. Pohon ini tidak mengusir kita dari firdaus, tetapi membuka jalan bagi kita untuk kembali.”

• St. Paulus: “Tetapi jauhlah bagiku untuk bermegah, kecuali di dalam salib Tuhan kita Yesus Kristus, yang olehnya dunia telah disalibkan bagiku dan aku bagi dunia.”

• St. Paulus dari Salib: “Semakin dalam salib menembus, semakin baik; semakin tidak ada penghiburan dalam penderitaanmu, semakin murni penderitaanmu; semakin banyak makhluk yang menentang kita, semakin dekat kita bersatu dengan Allah.”

• St. Thomas Aquinas: “Jika kamu mencari kesabaran, kamu tidak akan menemukan contoh yang lebih baik daripada salib. Kesabaran yang besar terjadi dalam dua hal: baik ketika seseorang dengan sabar menderita banyak penderitaan, atau ketika ia menderita hal-hal yang dapat ia hindari, tetapi ia tidak menghindarinya. Kristus menanggung banyak penderitaan di kayu salib, dan melakukannya dengan sabar, karena ketika Ia menderita Ia tidak mengancam; Ia digiring seperti domba ke pembantaian dan Ia tidak membuka mulut-Nya.”

• St. Leo Agung: “Tidak ada seorang pun, betapapun lemahnya, yang tidak mendapat bagian dalam kemenangan salib. Tidak ada seorang pun yang berada di luar pertolongan doa Kristus.”

• St. Jose Maria Escriva: “Marilah kita mengagumi Salib. Itu adalah tanda orang Kristen, dan tanda kemenangan orang Kristen. Salib dan Darah: bagaimana rupa kayu itu setelah kematian Tuhan kita! Salib itu dibasahi oleh Darah Sang Penebus; dan ketika Anda melihat Salib, pikirkanlah Darah Kristus yang dicurahkan untuk Anda, dan jangan menyangkal apa yang Dia minta dari Anda. Ketika kami membuka rumah pertama kami, saya meletakkan salib di sana tanpa Kristus yang Tersalib, sebagai seruan, seruan, tindakan penebusan yang penuh kasih kepada Tuhan kita, sebuah undangan kepada kita masing-masing untuk tidak meremehkan penderitaan yang mungkin kita temui dalam hidup kita.”

• St. Thomas More: “Kita tidak bisa pergi ke surga dengan memakai baju bulu.”

• Teresa dari Avila: “Marilah kita memandang salib dan dipenuhi dengan damai sejahtera, karena kita tahu bahwa Kristus telah menempuh jalan ini dan sekarang berjalan di atasnya bersama kita dan semua saudara-saudari kita.”

• St. Agustinus: “Allah memiliki satu putra di bumi tanpa dosa, tetapi tidak pernah tanpa penderitaan.”

P. John Laba, SDB