Food For Thought: Tuhan Yesus tahu isi hatimu

Yesus tahu apa yang ada di dalam hati manusia

P. John SDBAda seorang sahabat menceritakan pengalaman pribadinya dalam doa. Ia mengatakan setiap kali berdoa di hadapan Sakramen Mahakudus, Ia merasa kesulitan untuk mengungkapkan segala sesuatu. Dia hanya terdiam memandang Tabernakel kemudian berkata dalam hati “Terima kasih Tuhan Yesus”. Setelah cukup lama mengalami seperti ini ia coba berefleksi dan semakin percaya bahwa Tuhan mengetahui apa yang ada di dalam hatinya. Tuhan pasti mendengarkannya.

Pengalaman rohani ini mengingatkan saya pada Daud dalam Kitab Mazmur. Ia berdoa: “Ujilah aku, ya Tuhan, dan cobalah aku; selidikilah bathinku dan hatiku. Sebab mataku tertuju pada kasih setiaMu, dan hidup dalam kebenaranMu.” (Mzm 26:2-3). Di tempat lain Ia berdoa: “Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku; lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku di jalan yang kekal.” (Mzm 139:23-24).

Penginjil Yohanes melaporkan bahwa Tuhan Yesus pernah menguduskkan Bait Allah. Ada apa setelah menguduskan Bait Allah? Penginjil Yohanes bersaksi: “Dan sementara Ia di Yerusalem selama hari raya Paskah, banyak orang percaya dalam nama-Nya, karena mereka telah melihat tanda-tanda yang diadakan-Nya. Tetapi Yesus sendiri tidak mempercayakan diri-Nya kepada mereka, karena Ia mengenal mereka semua, dan karena tidak perlu seorangpun memberi kesaksian kepada-Nya tentang manusia, sebab Ia tahu apa yang ada di dalam hati manusia.” (Yoh 2:23-25).

Tuhan Yesus memang luar biasa!

PJSDB

Leave a Reply

Leave a Reply