Food For Thought: Demi kemuliaan Nama Tuhan…

Demi Kemuliaan Tuhan!

P. John SDBSaya pernah melayani di pulau Sumba, NTT selama beberapa tahun. Pulau ini merupakan “tanah misi” yang menarik sekaligus penuh tantangan. Setiap hari Minggu para romo melakukan perjalanan misioner yang cukup jauh untuk melayani umat yang tinggalnya juga berjauhan satu sama lain. Saya memuji para tenaga awam yang luar biasa. Mereka menggerakan Gereja “akar rumput” supaya tetap bertahan dan kuat dalam iman. Ada stasi misioner tertentu yang dikunjungi romo hanya sekali sebulan. Maka hampir setiap hari Minggu, para tenaga awam dengan caranya tersendiri menghadirkan Tuhan terutama dalam ibadat Sabda. Saya pernah bertanya kepada seorang tenaga awam tentang kesetiaannya dalam merasul dan ia berkata: “Semuanya ini demi kemuliaan nama Tuhan”.

St. Paulus pernah membagi pengalamannya di Korintus seperti ini: “Dengan diri kami sendiri kami tidak sanggup untuk memperhitungkan sesuatu seolah-olah pekerjaan kami sendiri; tidak, kesanggupan kami adalah pekerjaan Allah. Ialah membuat kami juga sanggup menjadi pelayan-pelayan dari suatu perjanjian baru, yang tidak terdiri dari hukum yang tertulis, tetapi dari Roh, sebab hukum yang tertulis mematikan, tetapi Roh menghidupkan.” (2Kor 3:5-6). Paulus adalah seorang pelayan tulen. Ia tetap tegar melayani, tanpa membuat perhitungan apa pun karena ia percaya sedang melakukan pekerjaan-pekerjaan Allah.

Pengalaman iman Paulus ini menginspirasikan para agen pastoral untuk tetap setia melayani Tuhan. Apa yang dilakukan dalam pelayananmu bertujuan untuk memuliakan nama Tuhan dan menyelamatkan jiwa-jiwa. Saudara, janganlah anda menghitung apa yang anda berikan kepada Tuhan dalam pelayananmu tetapi bersyukurlah karena anda bisa melayani Tuhan dan menghadirkan kemuliaan nama-Nya.

PJSDB

Leave a Reply

Leave a Reply